The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cara Wanita Romawi Rayakan Hari Tani, Pakai Kain Putih Keliling Kampung Bawa Obor
Ilustrasi festival Cerealia. (Ancient of Greek)
Fakta Dan Mitos

Cara Wanita Romawi Rayakan Hari Tani, Pakai Kain Putih Keliling Kampung Bawa Obor

Kamis, 15 September 2022 11:50 WIB 15 September 2022, 11:50 WIB

INDOZONE.ID - Orang Romawi kuno memiliki cara khusus dan unik saat merayakan hari tani dan kesuburan di Romawi. Lewat festival Cerealia, wanita Romawi akan memakai kain putih dan keliling kampung membawa obor di tangan mereka.

Rupanya cara ini sebagai gambaran untuk menghormati sang dewi pertanian dan kesuburan, Ceres, yang sempat melakukan pencarian akan putrinya, Proserpine.

Baca Juga: Gegara Pemanis Buatan, Rakyat Romawi Kuno Banyak yang Meninggal Tragis

Dikuti dari Ancient of Greek, festival Cerealia merupakan festival yang dilangsungkan di Circus Maximus dan hanya mereka yang memakai baju serba putih yang diizinkan mengikuti festival ini.

Ceres disamakan dengan dewi Fortuna dan keduanya direpresentasikan sebagai sosok penting dalam memegang peranan gandum. Banyak intaglio Romawi, batu permata berukir untuk cincin jari Ceres/Fortuna telah ditemukan di Inggris.

Di satu pihak, festival ini disebutkan bertujuan untuk mendorong kerja sama dalam mengatasi tantangan bersama yang dihadapi negara-negara yang berbatasan dengan laut Mediterania.

Namun, lebih lengkapnya jika festival ini dimaksudkan untuk mendukung posisi sosial daripada posisi eurosentris dalam menanggapi “koevolusi ekonomi dari berbagai ekonomi” yang berkenaan dengan hasil pertanian kala itu.

Hingga kini, Cerealia menjadi festival Internasional yang berlangsung di Italia setiap tahun selama empat hari di bulan Juni. Biasanya selalu dilakukan pada 9 Juni, yang merupakan tanggal upacara Vestal kuno dan pesta pistores, pembuat roti Romawi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US