The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Selamatkan Negara, Kaisar Aurelianus Dilupakan oleh Sejarah Romawi, Kenapa Ya?
Ilustrasi sejarah Romawi. (Ancient Origins)
Fakta Dan Mitos

Selamatkan Negara, Kaisar Aurelianus Dilupakan oleh Sejarah Romawi, Kenapa Ya?

Padahal mati dibunuh

Senin, 20 Juni 2022 10:30 WIB 20 Juni 2022, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Jika kamu melakukan kebaikan namun sering dilupakan, jangan bersedih sebab hal serupa telah terjadi dan dialami oleh salah seorang Kaisar Romawi. Perjuangannya dalam menyelamatkan Romawi, Kaisar Aurelianus ternyata dengan mudah dilupakan oleh sejarah bangsa tersebut.

Dikutip dari Ancient of Greek, Kaisar Aurelianus telah melakukan beberapa hal hebat untuk Romawi. Salah satunya ialah menstabilkan perbatasan Danube dengan mengalahkan orang-orang barbar yang mengancam kekaisaran.

Baca Juga: Tidak Semua Orang Romawi Mau Menjadi Kaisar, Padahal Memiliki Hak yang Sama!

Tak hanya itu, hal yang paling penting yang pernah dilakukan ialah sang kaisar pernah memulihkan kesatuan Kekaisaran Romawi. Ia mengalahkan dan menggabungkan negara-negara yang dulunya memisahkan diri di wilayah timur dan juga barat.

Entah karena rentang waktu dirinya memimpin atau bagaimana, namun nama Aurelianus seakan tak dianggap dalam sejarah Romawi yang besar tersebut.

Seperti yang diketahui, Aurelianus memang hanya memimpin Romawi dalam waktu lima tahun saja. Yakni pada tahun 270 hingga 275 Masehi. Banyak dugaan dirinya dilupakan oleh sejarah lantaran memiliki satu kisah yang mungkin sangat dibenci oleh para senat dan juga pejabat Romawi.

Kaisar Aurelianus pernah memperlakukan hukum yang berat bagi para pejabat dan tentara yang melakukan korupsi. Hukuman tersebut pun dikenal seakan hukuman tanpa ampun.

Sekretaris pribadi kaisar pun pernah menjadi korban dari hukuman tersebut akibat perbuatannya yang memalsukan daftar nama yang berisikan nama-nama komandan senior yang diduga akan 'dibersihkan' oleh sang kaisar.

Takut kehilangan nyawa, petugas memutuskan untuk bertindak duluan dan membunuh Aurelianus. Ketika menyadari kesalahan karena membunuh kaisar, semua sudah terlambat. Pelakunya dihukum, kaisar Aurelianus pun saat itu didewakan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US