7 Macam Gangguan Kepribadian
pixabay.com
Fakta Dan Mitos

7 Macam Gangguan Kepribadian

Terlalu perfeksionis juga termasuk gangguan kepribadian.

Selasa, 20 Agustus 2019 17:18 WIB 20 Agustus 2019, 17:18 WIB

INDOZONE.ID - Manusia terlahir di dunia berbeda-beda, dari bentuk fisik yang dimiliki hingga karakter kepribadiannya. Namun, dari perbedaan karakter yang ada, sebagian menunjukkan perilaku yang sering dianggap kebanyakan orang sebagai perilaku aneh.

Kondisi yang berbeda tersebut dikenal juga sebagai sebuah gangguan kepribadian, #KAMUHARUSTAU kalau ada beragam gangguan kepribadian.

Berikut INDOZONE rangkum 7 Macam Gangguan Kepribadian.

Paranoid

paranoid
pixabay.com

Gangguan mental yang membuat seseorang selalu menaruh curiga yang berlebihan dan meyakini jika orang lain ingin membahayakan dirinya. Jika sudah berlebihan, gangguan mental ini akan berdampak parah terhadap keseharian si pelaku. 

Narcissistic

narsis
freepik.com

Narcissistic adalah perasaan mencintai diri sendiri hingga berlebihan dan menjadi sosok yang egois, senang mencari perhatian dan pujian atas dirinya sehingga tidak memperhatikan orang sekitar.

Schizoid

schizoid
pixabay.com

Schizoid adalah kecenderungan seseorang untuk menutup diri, suka dengan kesendirian dan mengucilkan diri. Selain itu juga menjauh dari kehidupan sosial dan cenderung dingin serta takut berhubungan dengan orang sekitar.   

ASPD

antisosial
unsplash.com

Antisocial personality disorder atau disingkat ASPD ialah gangguan kepribadian yang cenderung berbohong, melanggar hukum, bertindak impulsif, dan kurang memperhatikan keselamatan diri sendiri maupun keselamatan orang lain. 

Borderline

marah
pixabay.com

Borderline adalah gangguan kepribadian di mana penderita labil akan suasana hatinya dan merasa selalu rendah diri, tidak berharga, rasa tidak aman, impulsif, dan hubungan sosial yang terganggu karena sering timbul amarah.

Avoidant 

sendirian
unsplash.com

Avoidant adalah gangguan dimana penderitanya mengalami kecemasan sosial yang berlebih. Penderita umumnya takut tidak diterima, takut diejek, dan terlalu khawatir terlihat tampak bodoh.

Obsessive compulsive disorder

diskusi
pixabay.com

Obsessive Compulsive Disorder atau OCD biasanya diderita pada seorang yang terlalu perfeksionis, sehingga dirinya melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Jika tidak merasa puas, penderita OCD akan merasa cemas atau bahkan ketakutan yang berlebihan.

Itulah beberapa gangguan kepribadian yang #KAMUHARUSTAU, semoga artikel ini menyajikan informasi yang bermanfaat untuk kamu semua.
Tetap ikuti berita maupun artikel menarik lainnya hanya di INDOZONE.


TAG
Indozone
Indozone Media
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US