The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peran Anjing bagi Kehidupan Romawi Kuno, Dari Pelindung Dewi hingga Dijadikan Mitologi!
Ilustrasi Anjing. (Ancient Origins)
Fakta Dan Mitos

Peran Anjing bagi Kehidupan Romawi Kuno, Dari Pelindung Dewi hingga Dijadikan Mitologi!

Minggu, 27 Maret 2022 19:39 WIB 27 Maret 2022, 19:39 WIB

INDOZONE.ID - Pada zaman Romawi kuno, anjing menjadi hewan yang sangat dihargai oleh masyarakat. Pasalnya, anjing banyak melayani tujuan para tuannya seperti yang dilakukan di Mesir, Persia hingga Yunani dimana anjing mampu menjadi pemburu, penjaga hingga sahabat seseorang.

Dikutip World History, orang Romawi membuat kalung khusus untuk anjing mereka secara artistik. Bahkan tak jarang ada yang membuat kalung tersebut berbahankan emas.

Baca Juga: Bukan Berlian, Mutiara Justru Jadi Lambang Kekayaan Bangsa Romawi

Bagi masyarakat Romawi kuno, anjing juga dianggap sebagai perlindungan terbaik dari gangguan roh jahat. Orang Romawi memandang anjing sebagai makhluk yang pragmatis.

Anjing adalah pendamping, wali, pemburu, petarung profesional, pelacak, sesama pejuang, dan dipersembahkan kepada para dewa dalam pengorbanan selama beberapa era Romawi.

Saat terdapat anjing yang mati, bangsa Romawi biasanya akan menghormati anjing dengan dibuatkan makam beserta batu nisannya.

Mitologi Anjing
Ilustrasi anjing di Romawi kuno. (Ancient Origins)

Dewi Diana, dewi pemburu, sering terlihat bersama anjing-anjingnya dan salah satu kisah paling abadi dari sejarawan kuno yakni Ovid. Ovid adalah tentang Diana dan Acteon, pemburu muda yang membayar perselingkuhan yang tidak disengaja dengan hidupnya.

Acteon pernah berkesempatan mandi bersama dewi, dan untuk memastikan ia tidak pernah mengatakan apa yang ia lihat, dewi mengubahnya menjadi rusa yang dibunuh oleh anjing pemburunya sendiri.

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US