The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penjelajah Zhurong Berhasil Mengirim Gambar Permukaan Mars ke Bumi
Penjelajah Zhurong milik China. (photo/Dok. CNSA)
Fakta Dan Mitos

Penjelajah Zhurong Berhasil Mengirim Gambar Permukaan Mars ke Bumi

Kamis, 17 Juni 2021 15:05 WIB 17 Juni 2021, 15:05 WIB

INDOZONE.ID - Penjelajah Zhurong China yang mendarat di Mars pada 14 Mei, telah mengirimkan kumpulan gambar baru dari Mars ke Bumi. Rover ini mengambil selfie dengan menjatuhkan kamera yang terpasangkan di perutnya sekitar 10 meter dari platform pendaratan, kemudian memposisikan dirinya di sebelah platform pendaratan. 

Kamera secara nirkabel mengirimkan gambar ke rover, kemudian mengirimkannya ke Bumi melalui pengorbit Tianwen-1. China National Space Administration (CNSA) dilaporkan telah merilis gambar tersebut bersama dengan pemandangan panorama 360 derajat dari lokasi pendaratan yang diambil Zhurong dengan kamera medan navigasinya ketika masih berada di atas platform pendaratan. 

CNSA juga meluncurkan foto platform pendaratan yang diambil dari jarak sekitar 20 kaki. Gambar-gambar itu tunjukkan medan datar dari daratan besar Mars Utopia Planitia yang ditutupi dengan batu-batu kecil.

Pada 14 Mei, Zhurong dan platfrom pendaratan terpisah dari pengorbit Tianwen-1 dan mendarat, melakukan pendaratan Mars pertama di China. Selain dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi, rover dilengkapi instrumen radar bawah permukaan, multi- kamera spektral dan detektor komposisi permukaan, detektor medan magnet dan monitor cuaca. 

Pengorbit Tianwen-1 yang mengirimkan data dari Zhurong, tetapi juga mengumpulkan data ilmuah mengenai permukaan hingga atmosfer planet, diperkirakan akan beroperasi setidaknya selama 1 tahun Mars yaitu 687 hari di Bumi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US