The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mitos Siluman Buaya Putih Di Sungai Kriyan Cirebon
photo/Ilustrasi/wallpaperflare.com
Fakta Dan Mitos

Mitos Siluman Buaya Putih Di Sungai Kriyan Cirebon

Kamis, 26 September 2019 10:00 WIB 26 September 2019, 10:00 WIB

INDOZONE.ID - Sungai Kriyan yang terletak tak jauh dari situs lawang sanga di kampung Mandalangan Cirebon menyimpan banyak mitos dan misteri. 

Kemunculan sosok siluman buaya putih kerap dikaitkan dengan sungai ini. Masyarakat setempat meyakini buaya putih yang hidup di sungai Kriyan adalah penjaga Situs Lawang Sanga. Buaya putih ini dianggap sebagai jelmaan salah seorang putra dari Sultan Sepuh I Syamsuddin Martawijaya. 

Anak Sultan Syamsuddin yang bernama Elang Angka Wijaya dikutuk menjadi buaya putih karena semasa hidupnya ia tidak pernah patuh kepada perintah ayahnya. Konon dahulu Sultan selalu menasehati anaknya yang punyai kebiasaan makan sambil tengkurap. 

Namun anaknya mengabaikan nasehat ayahnya, hingga sang Sultan berucap kebiasaan anaknya makan tengkurap seperti seekor buaya dan makbul pula ucapan sang ayah itu. 

Mitos buaya putih ini pun menjadi pelajaran bagi masyarakat sehingga mereka harus menjaga kebersihan dan pelestarian sungai. Bahkan masyarakat setempat mempunyai tradisi tersendiri jika melihat penampakan buaya putih ini. 

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media

Reka

Writer
Indozone Media

Reka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US