The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenal Istilah Birthday Blues, Kondisi Rasa Sedih ketika Ulang Tahun!
Ulang tahun. (photo/Ilustrasi/Pexels/Craig Adderley)
Fakta Dan Mitos

Mengenal Istilah Birthday Blues, Kondisi Rasa Sedih ketika Ulang Tahun!

Jumat, 17 September 2021 14:36 WIB 17 September 2021, 14:36 WIB

INDOZONE.ID - Hari ulang tahun biasanya menjadi momen spesial untuk diri kita sendiri dan juga banyakan orang. Tetapi, terdapat orang yang sedih, tertekan, bahkan depresi pada hari ulang tahunnya. Kondisi ini pun dinamakan sebagai Birthday Blues dan bisa dirasakan siapapun. 

Seorang psikiater dari Hope for Depression Research Foundation, yaitu Lira de la Rosa mengatakan bahwa Birthday Blues sendiri dapat dikaitkan dengan pengalaman negatif sebelumnya. Melihat hal itu, dia memberikan komentarnya. 

“Orang lain mungkin merenungkan kehidupan mereka dan mungkin tidak merasa berada di tempat yang mereka inginkan pada usia tertentu,” ungkapnya, melansir verywellmind.com. 

Alasan lain seseorang merasa sedih di hari ulang tahunnya adalah kesal karena merasa bertambah tua dan kecewa melihat sejumlah harapan yang belum terpenuhi. 

Melansir situs Lembaga Mahasiswa Psikologi UGM, penelitian yang dilakukan Tetsuya Matsubayashi dan Michiko Ueda pada 2016 di Jepang dengan judul Higher Risko of Suicide on Milestone Birthdays: Evidence from Japan itu telah menunjukkan bahwa ulang tahun identik dengan perayaan sehingga bisa menyebabkan stress bagi orang yang tidak mempunyai teman untuk merayakannya. 

Gejala Birthday Blues sendiri ditandai dengan munculnya rasa lelah, tidak antusias, bingung, sedih. Sebagian kasus juga memicu terjadinya paranoid ringan ataupun cemas sebelum hari ulang tahun. Bahkan, seseorang yang mengalami hal ini bisa mempunyai pemikiran untuk melukai diri sendiri hingga bunuh diri. 

Terdapat beberapa cara mudah yang bisa dilakukan guna mengatasi terjadinya Birthday Blues seperti selalu berpikir positif, meskipun banyak harapan dan rencana di tahun sebelumnya belum tercapai. Jika sulit untuk mengatasi Birthday Blues sendiri, kamu bisa cerita kepada orang terdekat mengenai apa yang dirasakannya. 

Jika berada dalam keadaan terpuruk, maka tidak ada salahnya mendatangi tenaga ahli kesehatan mental untuk bantu menemukan solusi untuk mengatasi kecemasan dan ketakutan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US