The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tradisi Mak Nene, Ritual Mengganti Pakaian Jenazah Suku Toraja yang Dikubur Bertahun-tahun
Tradisi Mak Nene dari suku Toraja. (Instagram/@say.viideo)
Fakta Dan Mitos

Tradisi Mak Nene, Ritual Mengganti Pakaian Jenazah Suku Toraja yang Dikubur Bertahun-tahun

Ada maknanya

Sabtu, 06 Agustus 2022 00:30 WIB 06 Agustus 2022, 00:30 WIB

INDOZONE.ID - Bagi suku Toraja, terdapat tradisi Mak Nene yang merupakan hal yang tak boleh dilewatkan dalam merawat jenazah kerabat terdekat mereka.

Tradisi ini bahkan menjadi sebuah ritual wajib sejak ratusan tahun yang lalu.Nantinya jenazah orang meninggal dikeluarkan dari liang kubur untuk dibersihkan dan diganti pakaiannya.

Baca Juga: Fakta Ritual Sumpah Pocong, Taruhannya Nyawa dan Kemiskinan Jika Ketahuan Berdusta

Diunggah oleh akun Instagram @say.viideo, terlihat bagaiaman cara para suku Toraja melakukan tradisi Mak Nene. Dalam video tersebut masyarakat Toraja mengambil tengkorak kerabat yang telah meninggal dari liang kuburnya.

Kemudian terlihat pula para masyarakat mengganti pakaian tengkorak kerabat mereka tersebut sebelum akhirnya dimasukkan kembali ke dalam peti mati yang tadinya menjadi tempat mereka beristirahat di dalam kubur.

Dalam video tersebut terlihat beberapa tengkorak mulai dari orang tua hingga anak-anak sekalipun diganti pakaiannya menjadi yang lebih baru.

Tampak masyarakat sibuk memasangkan baju, gaun, celana bahkan hingga menjahit penutup kepala untuk para tengkorak tersebut.

Dipercayai, para kerabat yang masih hidup memang wajib menghormati leluhur yang sudah meninggal agar para leluhur tersebut memberikan timbal balik positif bagi mereka yang ditinggalkan.

Hal ini lantaran menurut kepercayaan suku Toraja, para leluhur memiliki kekuatan magis untuk mendukung manusia yang masih hidup agar mendapatkan kehidupan yang layak.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US