The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wow! Mengintip Selokan di Jepang yang Airnya Jernih, Bikin Ikan Hias Betah Berenang
Wow! Mengintip Selokan di Jepang yang Airnya Jernih, Bikin Ikan Hias Betah Berenang
Fakta Dan Mitos

Wow! Mengintip Selokan di Jepang yang Airnya Jernih, Bikin Ikan Hias Betah Berenang

Kamis, 25 Februari 2021 23:50 WIB 25 Februari 2021, 23:50 WIB

INDOZONE.ID - Selokan dikenal sebagai saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan/atau air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan.

Di Indonesia, selokan di berbagai daerah biasanya dialiri dengan air yang kotor karena limbah rumah tangga. Namun, berbeda dengan selokan di Jepang.

Jernihnya air selokan di Jepang bukanlah hal yang baru. Berbeda dari selokan pada umumnya, saking jernihnya saluran pembuangan bikin ikan hias betah tinggal di tempat itu.

Hal itu pun diunggah oleh akun makassar_iinfo dari sumber yang tak diketahui, yang menampakan selokan yang sangat jernih dengan ikan yang hidup di dalamnya.

BACA JUGA: 7 Tahun Pacaran, Wanita Ini Rayakan Ultah Terakhir Pacarnya karena Sebuah Penghianatan

Dikutip Indozone dari Oddity Central, untuk diketahui, selokan yang bersih seperti itu berawal dari bencana alam Gempa Bumi dan Tsunami yang melanda pada tahun 1792 Unzen.

Setelah bencana terjadi, tiba-tiba ada puluhan mata air muncul dan menyembur ke luar. Mata air itu lama kelamaan membuat aliran khusus dan kemudian lanjut mengair ke saluran selokan.

Karena airnya sangat bersih, pada tahun 1978 seorang pihak meletakkan bibit koi di selokan tersebut.Ikan hias seperti koi itu kemudian berkembang biak hingga saat ini.

Selokan itu pun kemudian menjadi salah satu spot destinasi andalan di Jepang. Selokan yang ada di video tersebut diduga berasal dari sebuah desa bernama Shirakawa-go. 

Banyak wisatawan yang datang mencoba memberi makan ikan hias tersebut. Shirakawa juga terkenal karena tempat berdirinya rumah-rumah tradisional Jepang yaitu gassh?-zukuri.

Kini video tersebut pun mendapatkan berbagai respon dan komentar dari netizen.

"Di jepang, air kencing, air sisa mandi, cuci piring dsb tdk dibuang ke got, ada pipa khusus menuju ke kolam water treatment, tiap kecamatan ada kolam water treatmentnya, jdi disaring dlu baru dbuang ke laut atau tanah.. Air di selokan cmn utk air hujan atau air lelehan salju," tutur akun aditya_jafar.

"Kalo selokan depan rumahku kaya tinta cumi airnya, baru biasa juga ada sendal kanjipi seblah hanyut hanyut sama pembungkus indomi hehe," ujar akun vivivebriantii.

"Wow Sebuah perbedaan," tutur akun rachmanzudaish.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US