6 Tradisi Lebaran di Indonesia, dari Sungkeman Hingga Bagi-bagi THR
Sungkeman saat Hari Raya Idul Fitri (ANTARA/Sukarli)
Fakta Dan Mitos

6 Tradisi Lebaran di Indonesia, dari Sungkeman Hingga Bagi-bagi THR

Selasa, 19 Mei 2020 16:31 WIB 19 Mei 2020, 16:31 WIB

INDOZONE.ID - Tepat tanggal 1 Syawal setiap tahun, seluruh umat Muslim di dunia termasuk Indonesia, merayakan Hari Raya Idul Fitri atau disebut juga Hari Lebaran.

Di Indonesia sendiri, ada ragam tradisi unik Lebaran yang setiap tahunnya dilakukan secara turun-temurun. Tradisi Lebaran ini menjadi ciri khas yang begitu kental bagi masyarakat Indonesia.

Ragam Tradisi Lebaran di Indonesia

Berbagai tradisi Lebaran melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan menjadi hal yang sangat dirindukan setiap Hari Raya Idul Fitri tiba.

Apa saja ya tradisi Lebaran di Indonesia? Selengkapnya, simak ulasan berikut ini!

1. Mudik

tradisi mudik Lebaran di Indonesia
Ilustrasi mudik Lebaran (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Mudik merupakan tradisi Hari Raya Idul Fitri di Indonesia yang begitu fenomenal. Istilah 'mudik' sendiri berasal dari kata 'mulih dilik', artinya pulang sebentar.

Biasanya, para perantau akan pulang ke kampung halaman menjelang beberapa hari sebelum Lebaran tiba.

2. Sungkeman dan Halal Bi Halal

tradisi sungkeman di Indonesia saat Hari Raya Idul Fitri
Sungkeman saat Hari Raya Idul Fitri (ANTARA/Sukarli)

Idul Fitri menjadi momentum kemenangan bagi kaum Muslimin setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh.

Momen Idul Fitri identik dengan tradisi sungkeman dan halal bi halal, di mana anggota keluarga yang lebih muda meminta maaf sambil bersalaman dan sungkem kepada anggota keluarga yang dituakan.

Setelah prosesi sungkeman, tradisi Lebaran akan dilanjutkan dengan halal bi halal, yaitu kegiatan silaturahmi yang diisi dengan saling bermaafan di Hari Raya Idul Fitri.

3. Baju Lebaran

tradisi baju baru Lebaran di Indonesia
Seorang pemuda mengenakan baju Lebaran (Instagram/@my_fashionman2)

Di Indonesia, masyarakat seringkali mengidentikkan momen Lebaran dengan baju baru. Padahal sebetulnya, baju baru bukanlah sebuah keharusan.

Dalam syariat Islam, umat Muslim cukup mengenakan pakaian terbaik, bersih, dan rapi di Hari Lebaran. Namun, jika memang ingin membeli baju baru untuk menyambut Idul Fitri, tentu boleh-boleh saja.

4. Ziarah Kubur

ziarah kubur tradisi Lebaran masyarakat Indonesia
Ziarah kubur (ANTARA FOTO/Jojon)

Ziarah kubur atau nyekar ke makam keluarga dan leluhur termasuk salah satu tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia saat Idul Fitri.

Umumnya, ziarah kubur ini dilakukan sehari sebelum Lebaran atau di pagi hari Lebaran pertama. Di depan makam leluhur, ayat-ayat suci dan doa dipanjatkan kepada mereka yang sudah meninggal dunia.

Selepas berdoa, biasanya akan dilanjutkan dengan tabur bunga dan menyiram air mawar di atas makam leluhur.

5. Kue Lebaran

tradisi kue lebaran di Indonesia
Kue lebaran (Instagram/@jenglis.jogja)

Halal bi halal kurang lengkap rasanya tanpa ada hidangan kue Lebaran yang disajikan di tiap-tiap rumah untuk jamuan.

Aneka macam kue kering Lebaran tersaji di meja tamu, seperti kue bangkit, nastar, kastengel, sagu keju, lidah kucing, dan kue khas Lebaran lainnya.

6. Bagi-bagi THR

tradisi bagi bagi THR Lebaran di Indonesia
Ilustrasi uang THR (Pixabay)

Nah, satu momen yang paling ditunggu-tunggu saat Hari Raya Idul Fitri tiba adalah tradisi bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Raya).

Tradisi 'salam tempel' ini dilakukan para orang tua atau sanak saudara setelah sungkeman atau saat Halal Bi Halal. Nominal THR disesuaikan dengan usia, yang lebih tua biasanya mendapat bagian lebih besar.


Itulah berbagai tradisi unik saat Lebaran yang ada di Indonesia. Dari semuanya, tradisi Lebaran mana yang kamu tunggu-tunggu tahun ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Rizka
Rizka

Rizka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU