The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 16 Juni: Ford Didirikan hingga Hari Jadi Kota Solo
Hari jadi Kota Solo (Wikipedia)
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 16 Juni: Ford Didirikan hingga Hari Jadi Kota Solo

Peristiwa penting hari ini.

Rabu, 16 Juni 2021 11:15 WIB 16 Juni 2021, 11:15 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa peristiwa bersejarah tercatat terjadi pada 16 juni yang tepat jatuh pada hari ini. Momen-momen penting tersebut masih terus diingat hingga saat ini.

Momen bersejarah yang terjadi pada 16 Juni di antaranya yakni Ford Motor Company yang resmi didirikan, lalu hari jadi Kota Surakarta yang juga dirayakan hari ini. Berikut Indozone menyajikan rangkuman 4 peristiwa penting yang terjadi pada 9 Juni.

1. Ford Motor Company Didirikan

Logo Ford (Wikipedia).
Logo Ford (Wikipedia).

Ford Motor Company atau yang juga dikenal sebagai Ford merupakan produsen mobil asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Henry Ford di Dearborn, dekat Detroit, Michigan,  pada 16 Juni 1903. Perusahaan tersebut menjual mobil dan kendaraan komerisal dengan merek Ford, serta merek mobil mewah bernama Lincoln.

Ford adalah perusahaan otomotif kedua terbesar Amerika Serikat dan kelima terbesar di dunia pada tahun 2010. Ford berada pada posisi ke-8 untuk kategori perusahaan asal Amerika pada daftar Fortune 500 2010, dengan pendapatan global $118,3 miliar dolar AS pada 2009.

Baca Juga: Peristiwa 15 Juni: Berdirinya UEFA hingga Kelahiran Mohamed Salah

2. Hari Jadi Pemerintah Surakarta

Kota Solo (Wikipedia).
Kota Solo (Wikipedia).

Karasidenan Surakarta adalah wilayah karesidenan di Jawa Tengah pada masa kolonial Belanda. Wilayahnya mencakup daerah kekuasaan Kasunanan Surakarta dan Praja Mangkunegaran seluas 5.677 km2. 

Pada masa setelah proklamasi kemerdekaan Indonsia, wilayah Karasidenan Surakarya berubah menjadi  "Daerah Istimewa Surakarta", dengan gubernur Sri Susuhunan Pakubuwono XII dan wakil gubernur Sri Mangkunegoro VIII bersama-sama dengan Dareah Istimewa Yogyakarta.  Namun hal tersebut tak berlangsung lama karena adanya revolusi sosial yang dilakukan Tan Malaka untuk menentang pemerintahan feodal.

Pada 16 Juni 1946, dibentuk Keresidenan Surakarta dan diperingati sebagai tanggal lahir daerah Surakarta atau Solo.

3. Hari Lahir Chairul Tanjung

Chairul Tanjung (Menko Perekonomian/Wikipedia).
Chairul Tanjung (Menko Perekonomian/Wikipedia).

Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada 16 Juni 1962. Chairul Tanjung adalah pengusaha asal Indonesia. Ia menjabat sebagai Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa sejak 19 Mei 2014 hingga 20 Oktober 2014. 

Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Saat ini, Chairul Tanjung juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan, yaitu Pariarti Shindutama, CT Corp, dan Para Rekan Investama.

4. Astronot Pertama Uni Soviet Menuju Orbit Bumi

Astronot wanita pertama Rusia Valentina Vladimirovna Tereshkova ke Orbit (RIA Novosti archive/Wikipedia)
Astronot wanita pertama Rusia Valentina Vladimirovna Tereshkova ke Orbit (RIA Novosti archive/Wikipedia)

Valentina Vladimirovna Tereshkova adalah seorang kosmonot wanita Uni Soviet yang merupakan wanita pertama di dunia yang terbang ke luar angkasa dengan menggunakan Vostok 6 pada tahun 1963. 

Tereshkova ikut serta di Angkatan Udara Uni Soviet dan menjadi warga sipil pertama yang berhasil terbang ke luar angkasa. Sebelum perekrutan sebagai kosmonaut, Tereshkova adalah pekerja pabrik perakitan tekstil dan skydiver amatir.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Lanjar Wiratri
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US