The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Alasan Gurita Betina Bunuh Diri Setelah Bertelur, Takut Melukai Anak-anaknya
Ilustrasi gurita betina. (Pexels)
Fakta Dan Mitos

Alasan Gurita Betina Bunuh Diri Setelah Bertelur, Takut Melukai Anak-anaknya

Karena sudah gila

Rabu, 18 Mei 2022 05:30 WIB 18 Mei 2022, 05:30 WIB

INDOZONE.ID - Demi anak-anaknya sang ibu rela melakukan apa saja bahkan menyerahkan hidup mereka. Begitulah nampaknya hal untuk menggambarkan pengorbanan gurita betina dalam siklus bertelur.

Gurita betina secara otomatis akan menghancurkan dirinya setelah mereka bertelur untuk menghasilkan generasi berikutnya.

Dikutip dari Livescience, sebuah penelitian menemukan alasan di balik pengorbanan induk gurita dengan menghancurkan diri tersebut. Sebenarnya tidak semengenaskan yang dibayangkan, induk gurita semula akan menjaga telur-telur tersebut dari para pemangsa.

Baca Juga: Gurita Ini Ditemukan dalam Bentuk Aneh, Punya Sembilan Ekor!

Perilaku membunuh diri baru mulai terlihat ketika gurita betina melukai dirinya sendiri dan berhenti makan. Luka-luka tersebut akan merobek kulit mereka hingga bahkan mereka memakan lengannya sendiri.

Ternyata peneliti menemukan alasan mengapa gurita menghancurkan diri setelah bertelur lantaran para gurita betina setelah fase tersebut seakan mengalami kegilaan akibat hormon yang berkurang saat bertelur.

Akibatnya, mereka akan kehilangan beberapa jalur penghasil kolesterol pada dirinya. Jalur pertama menghasilkan hormon kehamilan. Dua lainnya menghasilkan zat antara 7-DHC dan asam empedu, yang sebelumnya tidak diketahui terlibat dalam semelparity.

Ini adalah strategi alat reproduksi di mana hewan hanya memiliki satu episode reproduksi sebelum kematiannya. Mutasi pada enzim yang mengubah 7-DHC menjadi kolesterol menyebabkan gangguan dan dapat menyebabkan perilaku melukai diri sendiri maupun pada anak-anak gurita jika sudha menetas dari telur.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US