The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hari Ini dalam Sejarah 8 Desember: Jepang Invasi 'Indonesia' Hingga John Lenon Ditembak
Kiri: Invasi Jepang di Asia Tenggara (Istimewa) | Kanan: John Lenon (Istimewa)
Fakta Dan Mitos

Hari Ini dalam Sejarah 8 Desember: Jepang Invasi 'Indonesia' Hingga John Lenon Ditembak

Rabu, 08 Desember 2021 12:41 WIB 08 Desember 2021, 12:41 WIB

INDOZONE.ID - Hari ini dalam sejarah, Rabu, 8 Desember 2021 ada sejumlah peristiwa yang terjadi di masa lampu yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan umum. Salah satunya hari di mana Jepang menginvasi Hindia-Belanda, negara yang kini dikenal sebagai Indonesia.

Selain itu, pada 8 Desember juga, terjadi beberapa peristiwa yang tercatat dalam sejarah dunia. Mulai dari keputusan Amerika Serikat (AS) terjun ke Perang Dunia II gara-gara Jepang, personel The Beatles John Lenon mati ditembak hingga bubarnya negara adikuasa Uni Soviet.

Berikut sederet peristiwa yang terjadi pada 8 Desember, dari Amerika Utara, Eropa, hingga Asia Tenggara.

1941: Keterlibatan AS di Perang Dunia II dan Jepang Invasi Indonesia

sejarah 8 desember
Serangan Jepang di Pearl Harbor, Hawaii (Istimewa)

Amerika Serikat membuat keputusan besar untuk terlibat dalam Perang Dunia II setelah Jepang melakukan serangan tanpa alasan di Pearl Harbor, Hawaii. Saat itu, Hawaii masih dalam teritori administratif, belum menjadi negara bagian AS.

Militer Jepang menyerang kawasan Pearl Harbor dengan kekuatan 353 pesawat tempur, pesawat pembom, dan pesawat peluncur Torpedo dalam dua kali gelombang serangan.

Di tahun yang sama, Jepang menginvasi Hindia-Belanda (kini Indonesia), Malaya, Thailand, Hong Kong, dan Filipina hingga terjadinya Perang Asia Pasifik. Bagi Jepang, peristiwa ini dikenal dengan Perang Asia Timur Raya.

Namun, Jepang mengalami kekalahan hingga membuatnya kehilangan wilayah Jajahannya di Asia Tenggara.

1952: Jerman Nazi dan Perancis berebut wilayah Saar yang kaya batu bara

sejarah 8 desember
Wilayah Saar (Googe Maps)

Konflik Jerman Nazi dan Perancis yang memperebutkan kota Saar, kota yang kaya akan batu bara dan baja menjadi sorotan. Selama periode perang, pemerintahan Nazi menguasai wilayah tersebut.

Untuk meredakan situasi, dilakukan referendum untuk mengetahui pilihan orang-orang Saar ingin bergabung ke negara Jerman atau Perancis. Dari hasil referendum, orang-orang Saar memilih untuk menjadi bagian dari Perancis.

Namun sayangnya, hasil referendum itu tidak ditinjau hingga kini tetap menjadi bagian dari negara modern Jerman.

1962: Revolusi Brunei pemicu Konfrontasi Indonesia-Malaysia

sejarah 8 desember
Revolusi Brunei (Istimewa)

Pemberontakan bersenjata yang dipimpin oleh Yassin Affandi pecah pada 8 Desember 1962. Kelompok itu melakukan serangan terhadap kota Seria yang kaya akan minyak untuk mengincar instalasi minyak Shell.

Selain itu, pemberontakan ini juga menyerang sejumlah pos polisi dan fasilitas pemerintahan di sekitar protektorat.

Peristiwa pemberontakan yang kini dikenal dengan nama Revolusi Brunei ini juga dianggap sebagai salah satu pemicu dari Konfrontasi Indonesia-Malaysia, peristiwa persengketaan wilayah dan penolakan penggabungan wilayah Sabah, Brunei, dan Sarawak di antara Federasi Malaya dan Indonesia.

1980: Personel The Beatles John Lenon mati ditembak

sejarah 8 desember
John Lenon (Wikipedia)

Pada 8 Desember 1980, industri musik dunia berduka saat personel The Beatles John Lenon ditemukan meninggal dunia tak jauh dari apartemennya di Dakota, New York.

John Lenon ditembak sebanyak empat kali oleh pelaku bernama Mark David Chapman yang merupakan warga AS. Chapman sendiri diketahui merupakan penggemar berat grup musik asal Inggris itu.

Namun setelah dia menjadi seorang Kristen fundamentalis, dia menganggap bahwa The Beatles telah memberikan pengaruh buruk terhadap banyak orang sehingga dia harus membunuh vokalis John Lenon.

1991: Uni Soviet dibubarkan

sejarah 8 desember
Uni Soviet (Istimewa)

Tepat pada 8 Desember 1991, Presiden Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia (kini Rusia), Republik Sosalis Soviet Ukraina (Ukraina), dan Republik Sosialis Soviet Belarusia (Belarusia) sepakat meneken Piagam Belavezha yang menandakan dibubarkannya Uni Soviet dan fungsinya menjadi Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS).

Namun pembubaran itu memicu perdebatan terkait siapa yang berhak membubarkan Uni Soviet. Lalu pada 25 Desember 1991, Gorbachev meletakkan jabatannya sebagai Presiden Uni Soviet dan memberikan kekuasaannya kepada Boris Yeltsin.

Uni Soviet resmi bubar setelah Majelis Agung Uni Soviet membubarkan diri sehari setelahnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Nanda
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US