The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mengenang Konflik Islam-Kristen di Nigeria yang Sebabkan 200 Orang Tewas, Ini Kronologinya
Penguburan massal korban tewas pembantaian dari akibat insiden kerusahan antara Islam dan Kristen di Jos, Nigeria pada Januari 2010 lalu. (REUTERS)
Fakta Dan Mitos

Mengenang Konflik Islam-Kristen di Nigeria yang Sebabkan 200 Orang Tewas, Ini Kronologinya

Senin, 17 Januari 2022 14:54 WIB 17 Januari 2022, 14:54 WIB

INDOZONE.ID - Pada 17 Januari 2010, tepat hari ini 12 tahun yang lalu, terjadi kerusuhan rasialis antara Muslim dan Kristen di kota Jos, Nigeria. Menurut laporan pemerintah setempat, insiden memilukan itu menyebabkan sekurang-kurangnya 200 orang tewas.

Berdasarkan laporan sumber lain mengatakan bahwa korban tewas dalam insiden kerusuhan itu jumlahnya dua kali lipat dari yang dilaporkan pemerintah.

Setelah kejadian itu, kepolisian setempat menahan sebanyak 49 orang yang diduga terlibat dalam aksi pembunuhan di Jos, Nigera.

Kronologi kejadian

Dilansir The Assosiated Press, kerusuhan itu bermula dari saat sejumlah pemuda Muslim melakukan penembakan dengan senjata api ke arah gereja yang sedang dipadati umat Kristiani yang melakukan peribadatan.

Aksi penembakan itu menyulut emosi dan ketegangan hingga umat Kristiani melakukan penyerangan balik dengan membakar sejumlah Masjid dan rumah warga muslim.

Insiden itu memicu terjadinya pembantaian yang dilakukan oleh umat Muslim dan Kristiani. Menurut saksi mata, pembantaian itu dilakukan dengan cara memotong-motong dan membakar tubuh korban, sebagian besarnya adalah bayi.

Dalam laporan pemerintah, ada sebanyak 200 orang tewas dalam pembantaian itu, sebanyak 109 orang di antaranya adalah umat Kristen.

Polisi menahan 49 orang

Setelah insiden pembantaian, kepolisian menahan sebanyak 49 orang yang diduga sebagai pelaku pembantaian di sejumlah desa di Jos.

Dilansir BBC, juru bicara kepolisian Mohammed Lerama mengatakan bahwa sebagian besar pihak yang ditahan adalah umat Muslim dari kelompok Fulani.

Namun para pelaku yang memicu terjadinya kerusuhan seperti penyerang gereja dan pembakar masjid tidak dilakukan penahanan.

Dimana kota Jos?

Jos merupakan ibu kota dari negara bagian Palteau di tengah Nigeria dengan jumlah penduduk yang mencapai 500 ribu orang.

Kota tersebut dihuni oleh dua kelompok agama yang cukup besar yaitu Islam dan Kristen.

Diketahui, penduduk Islam mendiami wilayah di Utara, sedangkan Kristen di bagian selatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US