The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta atau Mitos: Kucing Sebabkan Kemandulan pada Wanita!
Kucing. (photo/Ilustrasi/Pexels/Inge Wallumrød)
Fakta Dan Mitos

Fakta atau Mitos: Kucing Sebabkan Kemandulan pada Wanita!

Kamis, 23 September 2021 12:49 WIB 23 September 2021, 12:49 WIB

INDOZONE.ID - Selain anjing, kucing merupakan hewan menggemaskan yang sering kali dijumpai di pemukiman warga. Selain wajahnya, tingkah laku kucing juga kerap menjadi daya tarik sendiri untuk sebagian orang. Hal ini pun membuat sebagian orang ingin memelihara hewan yang satu ini. 

Meski demikian, terdapat banyak sekali mitos yang beredar ketika memelihara kucing, salah satunya adalah dapat menyebabkan kemandulan untuk wanita. Menurut dr. Harizh Umri, Sp. Ak dalam rekaman di acara "Your Own Health" memberikan pernyataannya. 

“Itu lebih ke arah mitoslah, jadi jangan disalahkan kucingnya, jadi kucing di sini sebagai perantara yang menjadi penyebab adalah tokso jadi mungkin kucingnya kurang bersih dan perantara kuman tokso bukan lewat kucing saja,” ungkapnya. 

Sekadar informasi, Toksoplasmosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh T. gondii. Dimana, protozoa ini merupakan parasit obligat intraseluler yang hidup di alam bebas. Parasit ini dapat menginfeksi semua bangsa burung dan mamalia, termasuk dengan manusia. 

Toksoplasma inilah yang membuat wanita sulit hamil dan dapat menyebabkan wanita menjadi keguguran atau cacat pada janin. Toksoplasma inilah juga menginfeksi kucing, jika kucing memakan bahan yang terkontaminasi seperti dengan tikus ataupun makanan mentah lainnya. 

Manusia sendiri dapat tertular toksoplasmosis melalui feses kucing, jika banyaknya feses kucing yang berada di sembarang tempat area terbuka yang dengan mudah mengering dan terbang bersama debu. Itu akan menularkan penyakit ke manusia. 

Sementara itu, bulu kucing tidak dapat menularkan toksoplasmosis ke manusia. Selain melalui perantara seperti dengan kucing manusia juga dapat terkena toksoplasmosis jika memakan daging yang kurang matang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US