Dewi Api Pele Penghuni Gunung Berapi Dalam Mitologi Hawaii
Ilustrasi dewi api Pele. (Pinterest/Sue Meyer)
Fakta Dan Mitos

Dewi Api Pele Penghuni Gunung Berapi Dalam Mitologi Hawaii

Rabu, 22 April 2020 14:00 WIB 22 April 2020, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Pele adalah dewi api yang menguasai gunung berapi dalam mitologi Hawaii. Legenda menyatakan bahwa ia tinggal di salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, di puncak Gunung Kilauea, di dalam kawah Halema'uma'u di Taman Nasional Gunung Api Hawaii di Big Island.

Menurut kepercayaan orang Hawaii, untuk melindungi diri dan keluarga dari lava gunung berapi maka mereka harus menunjukkan rasa hormat pada Dewi Pele.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan persembahan berupa makanan, bungan dan gin, salah satu jenis minuman beralkohol.

Serat halus alami kaca vulkanik yang terbentuk dari lava cair panas yang menyembur ke udara pun disebut sebagai rambut Pele. 

Rambut Pele biasanya terbentuk di lava mancur, air terjun lava, dan aliran lava yang kuat. Sementara kaca vulkanik yang berbentuk seperti tetesan air dikenal dengan air mata Pele. 

Konon bagi para wisatawan yang berlibur ke Hawaii, jangan pernah membawa pulang batu lava dari pulau. Lava adalah bagian suci dewi api, dan nasib buruk akan menimpa siapa pun yang berani mengeluarkannya dari rumah Pele.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zal
Reka
Zal

Zal

Editor
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US