The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sekelompok Ilmuwan Berhasil Menciptakan Suhu Terdingin di Dunia di Dalam Sebuah Lab
Ilustrasi suhu terdingin. (Photo/Ilustrasi/Unsplash)
Fakta Dan Mitos

Sekelompok Ilmuwan Berhasil Menciptakan Suhu Terdingin di Dunia di Dalam Sebuah Lab

Sabtu, 18 September 2021 20:17 WIB 18 September 2021, 20:17 WIB

INDOZONE.ID - Suhu terendah di Bumi yang ada di daerah Tundra mencapai -28°C hingga -50°C. Suhu tersebut juga menjadi salah satu suhu terdingin di dunia.

Namun, hal mengejutkan yang datang baru-baru ini adalah sekelompok ilmuwan berhasil memecahkan rekor baru dengan menciptakan kondisi suhu terdingin yang pernah ada di Bumi.

Suhu terukur terdingin pada skala termodinamika saat ini adalah -273,15 °C (-459,67 °F) - dan tidak ada benda yang mampu mencapai suhu ini karena akan memerlukan pelanggaran hukum fisika, sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan oleh para ilmuwan.

Di sisi lain, -273,15 °C (-459,67 °F) adalah suhu nol mutlak. Suhu nol mutlak mengacu pada titik di mana partikel dalam suatu zat tidak bergerak sama sekali. Atau dalam artian benar-benar akan sangat membeku.

suhu terdingin
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Baca juga: Duo Saudara Ini Menanam 5.000 Bibit Pohon dalam 48 Jam, Berharap Bisa Bangun Green Cover

Para ilmuwan di Universitas Bremen di Jerman berhasil mencapai 38 triliun derajat di atas nol mutlak dengan memperlambat gas quantum menggunakan magnet.

Dilansir dari laporan New Atlas, Sabtu (18/9/2021), tekanan suhu tersebut memecahkan rekor secara efektif dan menjadikan momen itu salah satu tempat terdingin di seluruh alam semesta.

ilustrasi suhu terdingin
(Photo/Ilustrasi/Unsplash)

Pada tahun 2003, para ilmuwan dari MIT melakukan hal serupa dengan memperlambat atom natrium, membawa mereka satu setengah miliar derajat di atas nol mutlak, yang memegang rekor dunia untuk waktu terlama.

Suhu dapat dipertahankan hanya selama 2 detik tetapi para ilmuwan optimis bahwa itu dapat bertahan selama 17 detik di lingkungan tanpa bobot, seperti Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US