The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Persis Manusia, Orangutan Bisa Menggunakan Batu Tajam dan Palu untuk Memotong dan Memukul
Orangutan menggunakan alat batu palu dan tajam untuk memukul dan memotong (via Daily Science)
Fakta Dan Mitos

Persis Manusia, Orangutan Bisa Menggunakan Batu Tajam dan Palu untuk Memotong dan Memukul

Selasa, 22 Februari 2022 13:57 WIB 22 Februari 2022, 13:57 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah penelitian terbaru dari University of Tubingen, Jerman yang dipublikasikan dalam Jurnal PLOS ONE mengungkapkan bahwa orangutan secara naluri bisa menggunakan alat batu layaknya manusia.

Dilansir Science Daily, dalam makalah yang berjudul "Experimental investigation of orangutans’ lithic percussive and sharp stone tool behaviours" itu mengungkapkan bahwa orangutan bisa memanfaatkan batu tajam untuk memotong dan menggunakan palu untuk memukul.

Hal itu diketahui setelah peneliti melakukan penelitian terhadap orang yang tidak terlatih di penangakaran (Pongo pygmaeus) di Kebun Binatang Kristiansand di Norwegia.

Para peneliti melakukan pengujian terhadap dua orangutan jantan. Awalnya, masing-masing orangutan diberikan palu beton, inti batu, dan dua kotak puzzle yang berisi makanan.

orangutan
Orangutan memukul lantai (via Daily Science)

Tak lama kemudian, kedua orangutan itu memegang palu dan memukul palu ke arah dinding dan lantai kandang, namun tidak ada yang mengarahkan ke inti batu.

Setelah itu, peneliti memberikan masing-masing orangutan batu tajam, batu yang diharapkan dapat digunakan orangutan untuk memotong kulit silikon. Salah satu orangutan memberikan respon dengan menggunakan batu tersebut sebagai alat pemotong.

orangutan
Orangutan memotong kotak (via Daily Science)

Ini menjadi penelitian pertama yang melaporkan penggunaan alat batu pada orangutan yang tidak terlatih. Penelitian dapat membuktikan bahwa orangutan secara naluri bisa menggunakan alat batu palu sebagai pemukul dan batu tajam sebagai pemotong.

"Penelitian kami adalah yang pertama melaporkan bahwa orangutan yang tidak terlatih dapat secara spontan menggunakan batu tajam sebagai alat pemotong," kata peneliti seperti dilansir Science Daily.

"Kami juga menemukan bahwa mereka siap melakukan perkusi litik dan bahwa aktivitas ini terkadang mengarah pada pelepasan potongan batu yang tajam," lanjutnya.

Peneliti berpendapat, kemampuan orangutan untuk menggunakan alat batu diperkirakan sudah ada pada nenek moyang terakhir dengan orangutan atau pada 13 juta tahun yang lalu. Alat-alat batu, khususnya batu tajam, dianggap sebagai tonggak terpenting dalam evolusi manusia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US