The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bikin Kumpul Keluarga Jadi Seru, Permainan Papan Masa Kini Sudah Ada Sejak Masa Kuno
Permainan papan masa kuno. (Istimewa)
Fakta Dan Mitos

Bikin Kumpul Keluarga Jadi Seru, Permainan Papan Masa Kini Sudah Ada Sejak Masa Kuno

Papan kuno.

Senin, 11 Oktober 2021 14:10 WIB 11 Oktober 2021, 14:10 WIB

INDOZONE.ID - Permainan papan memang sangat seru dimainkan di momen-momen yang membahagiakan. Sebut saja Monopoly, Yahtzee, Clue, dan Candy Land yang kerap dimainkan di malam perayaan natal, tahun baru bahkan malam perayaan lainnya.

Namun, jauh sebelum permainan papan populer tersebut muncul, permainan papan kuno ternyata telah hadir lebih dulu hingga kemudian berkembang pesat di beberapa bagian dunia.

Orang Romawi, Mesir, dan Cina kuno dulu dikenal sangat kreatif dalam membuat permainan papan kuno dengan menggunakan potongan dari batu, besi, dan kayu.

Permainan kuno ini pun kemudian menjadi inspirasi untuk dari permainan papan modern, mulai dari tampilan hingga alur permainannya. Wah apa saja ya?

1. Ludus Latrunculorum

asal usul permainan papan
Permainan Ludus Latrunculorum. (painterest.com)

Ludus Latrunculorum, yang memiliki nama lain Game of Mercenaries atau permainan tentara bayaran adalah permainan papan strategis yang telah populer sejak zaman Romawi kuno.

Permainan ini mirip dengan catur masa kini dengan dimainkan di papan dengan kotak 7x7, 7x8, 8x8, 8x9, 9x9, atau 9x10.

Dalam permainannya, dua pemain akan menggerakkan bidak mereka maju dan mundur melintasi papan untuk menangkap bidak lawan sambil melindungi bidak mereka sendiri.

Baca Juga: Peneliti Berhasil Menemukan Kail di Situs Arkeologi Sungai Yordan Dureijat!

2. Gyan Chauper

Gyan Chauper merupakan sebuah permainan dadu yang populer di India dan diketahui berasal dari abad ke-10 M. Saat itu, permainan ini dimainkan di atas kain yang dicat yang disebut patas.

asal usul permainan papan
Permainan ular tangga masa kuno. (paddleswepp.net)

Bentuk modern dari permainanGyan Chauper kini menjadi cukup dikenal di dunia sebagai Snake and Ladder atau Ular tangga.

Hampir sama dengan peraturan ular tangga modern, di gyan chauper kuno ini para pemain akan memulai langkah mereka dari bagian bawah papan permainan dan melempar dadu untuk bergerak maju sesuai dengan nomor yang mendarat di dadu.

Selain berfungsi untuk menghibur, permainan ini memberi tujuan untuk mengajarkan moralitas. Tema inti dari permainan kuno ini adalah pembebasan dari belenggu nafsu.

3. Alquerque

Alquerque adalah permainan papan strategi abstrak yang diyakini berasal dari Timur Tengah. Nama Abu al-Faraj al-Isfahani adalah orang yang pertama kali menyebutkan kehadiran permainan ini dalam literatur 24 volume yang merupakan karyanya yaitu Kitab al-Aghani yang dirilis pada abad ke-10.

Alur permainannya, sebelum dimulai setiap pemain akan menempatkan akan 12 buah pion mereka di dua baris terdekat dan di dua ruang kanan di baris tengah.

asal usul permainan papan
Permainan Alquerque. (anehdidunia)

Tujuan permainan ini adalah untuk menghilangkan bidak pemain lain dengan cara melompati bidak lawan yang berdekatan dan titik di luar bidak tersebut.

Kini banyak yang meyakini bahwa Alquerque merupakan permainan  kakek moyang dari catur modern versi AS.

4. Patolli

Patolli merupakan salah satu permainan papan paling kuno dan tertua yang diketahui berasal dari Amerika. Permainan papan ini sebagian besar dimainkan oleh berbagai budaya Mesoamerika pra-Columbus.

Kepopuleran permainan ini bahkan dilaporkan juga dimainkan oleh Montezuma yang menikmati waktu-waktu senggangnya menonton para bangsawan memainkan permainan tersebut.

asal usul permainan papan
Permainan Patolli. (youtube/anehdidunia)

Pada dasarnya, Patolli adalah permainan strategi yang dicampur dengan sedikit keberuntungan. Sehingga permainan ini sedikit banyak merupakan permainan yang memiliki unsur taktik dan judi.

Dalam memainkan Patolli, para pemain akan membawa sejumlah item yang sama untuk dipertaruhkan, dan mereka akan memeriksa item satu sama lain sebelum memulai.

Tujuan permainan akhir dari permainan ini adalah untuk memindahkan enam buah item dari kotak awal ke kotak akhir sebelum pemain lain.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US