The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sarkofagus Kuno Ditemukan di Bawah Notre Dame Paris, Diduga Berasal dari Abad ke-14
Makam kuno ditemukan di bawah Notre Dam, Paris (AFP/Julien de Rosa via The Guardian)
Fakta Dan Mitos

Sarkofagus Kuno Ditemukan di Bawah Notre Dame Paris, Diduga Berasal dari Abad ke-14

Kamis, 17 Maret 2022 15:45 WIB 17 Maret 2022, 15:45 WIB

INDOZONE.ID - Para arkeolog belum lama ini menemukan beberapa makam dan sarkofagus yang diduga berasal dari abad ke-14 di bawah Katedral Notre Dame, Paris.

Makam kuno itu ditemukan saat pekerjaan berlanjut pada rekonstruksi bangunan pasca kebakaran hebat pada 2019 lalu yang menghancurkan bangunan.

Seperti dilansir The Guardian, situs pemakaman itu digali saat tengah persiapan untuk membangun kembali menara gereja kuno itu.

Di antara makam yang ditemukan adalah sarkofagus berbentuk manusia diawetkan yang terbuat dari timah. Diperkirakan peti mati itu dibuat untuk pejabat senior pada tahun 1300-an setelah pembangunan katedral.

Selain makam, elemen patung yang dicat ditemukan tepat di bawah tingkat lantai katedral saat ini, yang diidentifikasi sebagai bagian dari rood screen abad ke-13 yang asli – elemen arsitektur yang memisahkan area altar dari nave.

notre dam paris
Makam kuno ditemukan di bawah Notre Dam, Paris (AFP/Julien de Rosa via The Guardian)

Para arkeolog dengan hati-hati membersihkan dan menggali patung-patung, termasuk sepasang tangan yang diukir.

Patung seorang pria berjanggut dan beberapa pahatan sayuran, dengan bekas cat yang masih terlihat, telah disingkirkan.

Tim telah menggunakan kamera endoskopi mini untuk mengintip ke dalam sarkofagus, yang tampaknya telah dibengkokkan oleh berat bumi dan batu.

“Anda dapat melihat sekilas potongan kain, rambut, dan bantal daun di atas kepala, sebuah fenomena yang terkenal ketika para pemuka agama dimakamkan,” kata Christophe Besnier, arkeolog utama. 

“Fakta bahwa unsur-unsur tumbuhan ini masih berada di dalam berarti tubuh berada dalam kondisi konservasi yang sangat baik,” tambahnya.

Dominique Garcia dari National Institute of Archaeological Research mengatakan penemuan itu akan membantu meningkatkan pemahaman kita tentang praktik pemakaman di abad pertengahan.

notre dam paris
Makam kuno ditemukan di bawah Notre Dam, Paris (AFP/Julien de Rosa via The Guardian)

Penemuan itu terjadi saat tim rekonstruksi tengah memeriksa stabilitas tanah, sebelum memasang perancah untuk membangun kembali puncak menara.

Dalam prosesnya, mereka menemukan sistem pemanas bawah tanah dari abad ke-19, dengan sarkofagus tergeletak di antara pipa batanya.

Terlepas dari kegembiraan atas penemuan itu, jam terus berdetak untuk para arkeolog. Mereka diberi waktu hingga 25 Maret untuk menyelesaikan pekerjaan mereka sebelum proyek rekonstruksi dilanjutkan, agar katedral tetap dibuka kembali pada 2024.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Nanda
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US