The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Agar Tak Salah Sasaran, PSK Romawi Kuno Wajib Mewarnai Rambut Mereka
Ilustrasi pelacur Romawi kuno. (Twitter/Ancient Origins)
Fakta Dan Mitos

Agar Tak Salah Sasaran, PSK Romawi Kuno Wajib Mewarnai Rambut Mereka

Biar bisa dibedakan

Selasa, 29 November 2022 13:27 WIB 29 November 2022, 13:27 WIB

INDOZONE.ID - Lantaran profesi sebagai pelacur dianggap sebagai sebuah pekerjaan yang lumrah, maka para pelacur pun diatur oleh undang-undang Romawi untuk mewarnai rambut mereka. 

Alasan mewarnai rambut ini untuk membedakan kelas wanita-wanita di Romawi, mana yang bekerja sebagai pelacur dan yang bukan pelacur. 

Baca Juga: Sejarah Kelam Pelacuran di Era Victoria: Ketika Wanita Mandiri Adalah yang Menjual Diri

Dikutip dari Ancient Origins, undang-undang Romawi mengatur pelacur harus mewarnai rambut mereka menjadi berwarna pirang. Tujuannya untuk memastikan bahwa tidak ada wanita yang baik dan jujur dianggap kaum pria sebagai pelacur. 

Pewarnaan rambut ini pun bisa menjadi rambu bagi pria untuk tidak sembarang meluapkan nafsu mereka kepada setiap wanita yang mereka temui di mana pun berada. 

Prostitusi dalam masyarakat Romawi kuno adalah 100% legal. Bahkan tidak ada dampak sosial bagi pria yang menggunakan jasa pelacur. Meski demikian, salah satu profesi tertua di dunia ini dipandang rendah.

Para wanita yang kerap bekerja sebagai pelacur tetap dipandang buruk bagi masyarakat sehingga perlu adanya pembeda mereka dengan wanita yang dipandang baik dan suci. 

Baca Juga: Kate Middleton Menggunakan Teknik Pengasuhan Modern Kepada Anak-anaknya

Semula aturan ini berhasil diterapkan, para wanita mewarnai rambut mereka bahkan mengubah penampilan mereka menjadi lebih seksi dan menarik. 

Namun, aturan ini justru membuat para wanita bangsawan menjadi iri, lantaran wanita bangsawan seakan tak dilirk oleh para pria karena warna rambut mereka yang dominan berwarna gelap. 

Hingga akhirnya dibuatlah aturan untuk para pelacur dan kalangan rakyat jelata dilarang menggunakan warna ungu untuk mewarnai rambut mereka. Pasalnya warna ini menjadi kebanggaan Romawi sebagai simbol kemegahan di kalangan atas. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US