The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dalam Mitologi Mesir Kuno, Ada Nama Ratu yang Dihapus dari Sejarah karena Kesuksesannya
Patung Ratu Hatshepsut, yang dihapus dari sejarah Mesir kuno karena kesuksesannya. (Metropolitan Museum of Art)
Fakta Dan Mitos

Dalam Mitologi Mesir Kuno, Ada Nama Ratu yang Dihapus dari Sejarah karena Kesuksesannya

Firaun takut tersaingi

Jumat, 07 Oktober 2022 12:55 WIB 07 Oktober 2022, 12:55 WIB

INDOZONE.ID - Sepanjang sejarah Mesir kuno, banyak nama-nama dewa, firaun, ratu hingga sosok penting lainnya yang menjadi hal-hal penting di masa lampau. Namun, ada satu nama yang dihapus dari sejarah Mesir kuno padahal memiliki pengaruh yang cukup kuat pada masanya. 

Baca Juga: Ilmuwan Akhirnya Mempelajari Tubuh Mumi Firaun Untuk Mengetahui Isi di Dalam Tubuhnya

Dikutip dari History of Yesterday, nama Ratu Hatshepsut menjadi nama yang tak dikenal oleh orang-orang Mesir masa kini lantaran namanya tak pernah muncul di dalam sejarah maupun mitologi negara Mesir. 

Hal ini diasumsikan lantaran pemerintahan sang Ratu terkesan sangat singkat dan mampu mengubah Mesir menjadi begitu hebat. Ada juga pendapat lainnya, bahwa para firaun berusaha melakukan penghapusan nama Ratu Hatshepsut lantaran merasa malu dan tersaingi atas keberhasilan perempuan memimpin negara terbesar di masa lampau tersebut. 

Ratu Hatshepsut rupanya memiliki keberhasilan memimpin Mesir kuno dengan caranya yang cukup baik di masa itu. Ahli sejarah Mesir kuno, James Henry, menyebutkan bahwa Hatshepsut dianggap sebagai wanita pertama dalam sejarah umat manusia yang memiliki banyak kekuatan.

Bahkan nama Ratu Hatshepsut menjadi pertama sebelum Cleopatra dalam mencapai kesuksesan Mesir di masa kuno. Ratu Hatshepsut dengan cepat mampu memahami cara kerja dan pentingnya Mesir bagi dunia Kuno. 

Aturan seperti di negara timur tengah mana pun sangat ketat tetapi penting bagi kemakmuran kekaisaran. Selain menjadi firaun di usia yang sangat muda, sang Ratu juga dianggap sebagai firaun wanita paling kuat.

Baca Juga: Jumpai Jokowi di Istana, Ketua TP3 Laskar FPI: Kami Seperti Musa Datang ke Firaun

Jika dibandingkan dengan Cleopatra, ia bahkan tidak mencapai seperempat dari kekuatan yang dimiliki Ratu Hatshepsut selama masa pemerintahannya.

Namun, Ratu Hatshepsut hanya mampu bertahan hidup selama 21 tahun dengan dugaan kematiannya disebabkan atas pembunuhan yang dilakukan oleh seseorang yang iri dengan kemampuan sang Ratu. 

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US