The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peneliti Menemukan Fosil Hiu Raksasa Jaman Jurassic, Dengan Panjang 2,5 Meter
Ilustrasi ikan hiu (Pexels/ Vova Krasilnikov)
Fakta Dan Mitos

Peneliti Menemukan Fosil Hiu Raksasa Jaman Jurassic, Dengan Panjang 2,5 Meter

Sabtu, 23 Januari 2021 15:35 WIB 23 Januari 2021, 15:35 WIB

INDOZONE.ID - Fosil hiu raksasa zaman Jurassic berhasil ditemukan oleh tim penelitian yang dipimpin oleh ahli paleontologi, Sebastian Stumpf, dari University of Vienna, Wina, Austria

Fosil hiu atau yang disebut Asteracanthus itu ditemukan di batu kapur Bavaria dalam keadaan hampir lengkap dengan ukuran yang diperkirakan mencapa 2,5 meter.

Dengan ukuran tersebut, hiu itu masuk ke dalam jajaran hiu raksasa. Spesies hiu ini sebelumnya juga pernah ditemukan dan diidentifikasi, tapi tidak dalam detail fosil utuh seperti yang ditemukan saat ini. 

"Asteracanthus secara ilmiah dijelaskan lebih dari 180 tahun yang lalu oleh naturalis Swiss-Amerika Louis Agassiz berdasarkan fosil duri sirip punggung yang terisolasi," kata pihak Universitas Vienna, seperti dikutip dari CNET, Sabtu (23/1/21).

Peneliti juga menyebut bahwa hiu ini berasal dari 150 juta tahun lalu. Ia berenang di area laguna selama periode Jurassic akhir berlangsung.

Diguga Hiu itu juga bagian dari kelompok yang dikenal sebagai hybodontiformes dan dikaitkan dengan kerabat dekat hiu modern. 

Dalam penelitian tersebut, peneliti juga menyebut bahwa fosil Asteracanthus memiliki lebih dari 150 gigi yang digunakan untuk mengoyak mangsa. 

“Asteracanthus jelas bukan hanya salah satu ikan bertulang rawan terbesar pada masanya, tetapi juga salah satu yang paling mengesankan," sambung Stump. 

Fosil hiu raksasa
Papers in Palaeontology

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri Octapia Saragih

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US