The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Horor! Batu Ini Bisa Mengeluarkan Suara Meringkik, Tanda Kematian Segera Tiba!
Batu Maringkik di Parepare, Sulawesi Selatan. (Z Creators/Rudi Hartono)
Fakta Dan Mitos

Horor! Batu Ini Bisa Mengeluarkan Suara Meringkik, Tanda Kematian Segera Tiba!

Jumat, 09 Desember 2022 15:35 WIB 09 Desember 2022, 15:35 WIB

INDOZONE.ID - Di Indonesia salah satu situs cagar budaya yang namanya jarang terdengar adalah Batu Meringkik atau Batu Makkikie. Sebuah situs sejarah yang terletak di Kelurahan Watang Bacukiki Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. 

Oleh masyarakat setempat, Batu ini dianggap keramat dan menjadi simbol dan penamaan wilayah Bacukiki, Parepare. Karena lokasi Batu Meringkik ini adalah medan pertempuran saat Belanda ingin merebut wilayah pelabuhan Parepare. 

batu maringkik
Batu Maringkik di Parepare, Sulawesi Selatan. (Z Creators/Rudi Hartono)

Tentu saja hal itu membuat empat kerajaan di wilayah pelabuhan Parepare yaitu Kerajaan Nepo, Bojo, Soreang, dan Kerajaan Bacukiki, tidak terima dan mengadakan perlawanan. Konon, Batu Meringkik menjadi saksi pertempuran antara Belanda dan kerajaan.

Disebut sebagai Batu Meringkik karena batu ini mengeluarkan suara meringkik seperti kuda saat tertiup angin kencang. Bahkan di zaman Kerajaan Bacukiki, jika mengeluarkan suara ringkikan menjadi pertanda salah satu keluarga kerajaan akan meninggal atau bencana besar akan segera terjadi.

"Suaranya itu keluar dari celah batu, seperti ringkikan kuda, makanya disebut Batu Meringkik atau Batu Makkikie, makanya dianggap batu keramat " ujar Ibrahim, salah satu budayawan parepare.

matu maringkik
Batu Maringkik di Parepare bisa mengeluaran suara. (Z Creators/Rudi Hartono)

Awalnya Batu Meringkik ini tidak memiliki pagar pembatas. Tapi karena sering menjadi sasaran aksi vandalisme, area Batu Meringkik kini dikelilingi pagar besi.

"Jadi jangankan orang luar, beberapa masyarakat Parepare juga tidak tahu sejarah dan keberadaan batu ini, karena memang jarang di ekspos," lanjut Ibrahim.

Lokasi Batu Meringkik ini sendiri berada di kawasan Desa Wisata Watang bacukiki. Dari pusat kota jaraknya kurang lebih 5 km. Akses jalan menuju Batu meringkik ini juga cukup mulus. Di sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah area persawahan dan perbukitan di wilayah Kecamatan Bacukiki Parepare.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Rudi Hartono
Rudi Hartono
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US