The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sejarah Kesuksesan PlayStation yang Lahir dari Pengkhianatan
PlayStation 4. (akket.com)
Fakta Dan Mitos

Sejarah Kesuksesan PlayStation yang Lahir dari Pengkhianatan

Jumat, 27 November 2020 10:23 WIB 27 November 2020, 10:23 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah ungkapan 'pengkhianatan adalah guru yang berharga' mungkin adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan sejarah kesuksesan PlayStation, sebagai game terlaris dan paling populer di dunia. 

Kisah perangkat ini cukup menarik jika dikaitkan dengan keserakahan dan pengkhianatan. 

Pada tahun 1991, Nintendo, sebuah perusahaan video game mengadakan konferensi pers di CES Electronics Show di Las Vegas (AS). 

Berdasarkan rencana, Chairman Hiroshi Yamauchi akan mengumumkan rincian perjanjian produksi mesin game antara Nintendo dan juga Sony.

Tetapi hal itu tidak terjadi. Sebaliknya, Yamauchi mengumumkan bahwa Nintendo akan bermitra dengan Philips (Belanda) yang merupakan saingan terbesar Sony saat itu. 

Pengumuman itu disebutkan hanya beberapa hari setelah Sony mengumumkan perjanjian untuk bermitra dengan Nintendo untuk sebuah produk yang disebut 'Game Player.'

Konsol video game PlayStation.
Konsol video game PlayStation. (Wikipedia)

Baca Juga: Sejarah Lambang Hollywood, Tanda Sementara dari Pembangunan Perumahan

Setelah pengkhianatan itu konsol game Sony yang dibuat dengan Nintendo tak pernah dirilis. 

Dari berbagai sumber menyebutkan ternyata dalam kontrak Nintendo dan Sony ditemukan ketentuan yang memungkinkan Sony untuk langsung memproduksi dan menjual disk game tanpa membeli dari Nintendo. 

Namun Nintendo ingin memonopoli produksi disk game tersebut, alih-alih membahas solusi, Nintendo secara sukarela memutuskan kontrak dan mendorong Sony untuk mencari mitra lain.

Saat itu, Nintendo adalah pemain dominan yang memberi mereka hak untuk menentukan nasib sendiri tanpa takut pada siapa pun. Mereka juga tidak ingin kehilangan monopoli penerbitan game. 

Setelah ditinggalkan, Sony memiliki konsol game yang tak dapat diluncurkan. Pengkhianatan itu membuat Sony memutuskan untuk memasarkan konsolnya sendiri. 

Tiga tahun kemudian pada Desember 1994, Sony menyerang 'pengkhianatnya' dengan PlayStation permainan konsol. PlayStation membuat gebrakan besar setelah dirilis, mengalahkan semua lawan untuk menjadi konsol game paling populer di dunia.

Sebagai perbandingan, Nintendo 64 yang dirilis pada tahun 1996 terjual lebih dari 30 juta unit selama masa pakainya, sedangkan PlayStation telah terjual lebih dari 100 juta. 

Jika saat itu Nintendo tak mengkhianati Sony, mungkin tak akan ada gamer yang pernah memiliki PlayStation saat ini. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US