The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta dan Mitos: Lemparan Koin dari Pencakar Langit Bisa Menembus Tengkorak Manusia?
Ilustrasi lemparan koin dari pencakar langit. (Photo/Ilustrasi/ripleys)
Fakta Dan Mitos

Fakta dan Mitos: Lemparan Koin dari Pencakar Langit Bisa Menembus Tengkorak Manusia?

Kamis, 06 Januari 2022 21:12 WIB 06 Januari 2022, 21:12 WIB

INDOZONE.ID - Ada beberapa orang yang tidak bisa menahan keinginan untuk membuang koin dari bangunan tinggi, Empire State Building hanya untuk melihat apa yang terjadi.

Koin yang dilempar dari bagunan ikonik New York itu membuat banyak orang penasaran apakah koin yang dilempar dari lantai 102 - kecepatannya dapat membunuh seseorang?

Dilansir dari Ripleys, Kamis (6/1/2022), mitosnya ketika koin dikenai gaya gravitasi maka ia akan melaju lebih cepat saat jatuh. Kemudian koin itu dapat melukai makhluk hidup apa pun yang dilaluinya.

Faktanya koin yang jatuh tidak akan membunuh seseorang, tetapi bolpoin yang jatuh bisa membuat seseorang masuk rumah sakit jika terkena dari ketinggian yang cukup ekstrem.

Berdasarkan fakta yang tercatat sulit membayangkan koin menjadi senjata yang mematikan. Walaupun koin dapat berbahaya jika tertelan oleh anak kecil.

Dari percobaan seorang turis, ia memutuskan untuk melempar satu koin dari dek observasi Empire State Building, kecil kemungkinannya hal itu akan menimbulkan banyak kerusakan pada apa pun yang terkena di bawahnya.

Karena ukuran dan bentuknya, udara menjadi bantalan koin, mencegahnya menjadi senjata mematikan. Uang receh berbentuk bulat dan datar ketiak dijatuhkan dari gedung akan memiliki kekuatan seperti daun yang jatuh.

Menurut Louis Bloomfield, seorang fisikawan di University of Virginia, seperti dilansir Scientific American, seorang 'korban' dari serangan koin hanya akan merasakan sedikit tekanan pada tubuhnya dan tidak membuat dirinya meninggal.

Baca juga: Misteri Kapal Hantu Mary Celeste, Telantar di Samudra Atlantik Tanpa Awak dan Terabaikan

Bloomfield bereksperimen dengan terowongan angin dan balon helium untuk mensimulasikan koin yang jatuh dari gedung pencakar langit. Dia terkena beberapa koin dan tidak terluka.

Satu-satunya cara koin berakselerasi ke titik sedemikian rupa sehingga akan menyebabkan kerusakan adalah jika dijatuhkan dari gedung tinggi yang dikemas dalam ruang hampa di mana semua udara telah dihilangkan.

Dalam kehidupan nyata, koin yang jatuh bertabrakan dengan partikel udara, yang mencegah koin berakselerasi. Perlawanan ini, atau gaya seret, mencegah koin bergerak cepat ke bawah, yang menggagalkan gaya gravitasi.

Saat koin yang dilemparkan semakin cepat, ia menghadapi lebih banyak hambatan udara. Gaya seret dan gaya gravitasi ke bawah saling menyeimbangkan, mencegah koin berakselerasi. Akibatnya, koin jatuh dengan kecepatan konstan (kecepatan terminal) ke tanah.

Berat koin hanya 2,5 gram (0,088 ons) sehingga tidak perlu banyak tarikan untuk memperlambatnya. Bentuknya yang datar membuat mereka sangat rentan terhadap hambatan udara. Ketika terlempar dari gedung pencakar langit, mereka akan mencapai kecepatan terminal sekitar 50 kaki ke bawah, menurut Bloomfield.

Kemudian mereka akan jatuh ke tanah dengan kecepatan sekitar 25 mph (40 kph). Dalam ruang hampa, koin yang dilemparkan dari gedung pencakar langit akan mencapai kecepatan 208 mph (335 kph). Ini tentu saja bisa melukai seseorang, tetapi itu tidak akan cukup kuat untuk menembus tengkoraknya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
M. Rio Fani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US