The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Manfaat Berjemur untuk Kesehatan yang #KAMUHARUSTAU!
Berjemur. (photo/Ilustrasi/Pexels/Tran Long)
Fakta Dan Mitos

Ini Manfaat Berjemur untuk Kesehatan yang #KAMUHARUSTAU!

Jumat, 06 Agustus 2021 13:56 WIB 06 Agustus 2021, 13:56 WIB

INDOZONE.ID - Manfaat berjemur di pagi hari salah satunya adalah tingkatkan imun untuk lawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Selama pandemi COVID-19, para pakar kesehatan pun sarankan untuk berjemur di pagi hari secara rutin. 

Terdapat beberapa alasan yang membuat berjemur di pagi hari bisa bantu tingkatkan imun melawan COVID-19. Selain itu, ada juga sejumlah manfaat berjemur di pagi hari yang penting dan harus diketahui kamu. Apa sajakah itu? Simak daftarnya guys:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pertama, berjemur dapat tingkatkan kekebalan tubuh. Manfaat dari berjemur di pagi hari adalah meningkatkan imun di tubuh. Sebab sel darah putih akan alami peningkatan saat terpapar sinar matahari dan sel-sel tersebut membantu perangi penyakit dan mencegah infeksi pada tubuh. 

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Ketika sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirimkan ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin yang ditutup sampai matahari terbenam lagi. 

Sinar matahari sendiri buat tubuh punya gambaran yang jelas bahwa ini bukan malam hari, sehingga bantu mempertahankan ritme sirkadian normal. Ketika di luar mulai gelap, tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah dan mengantuk menjelang waktu tidur.

3. Memperkuat tulang

Terakhir, berjemur dapat memperkuat tulang. Ini karena adanya vitamin D yang merangsang penyerapan kalsium hingga fosfor dapat menguatkan tulang. Tetapi tidak hanya itu saja, vitamin D3 juga ternyata mempunyai peran penting untuk kepadatan tulang. 

Vitamin D3 sendiri adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D saat sinar matahari mengenai kulit. Hal itu dapat mengatur penyerapan kalsium. JIka kamu mempunyai kandungan vitamin D3 yang lebih tinggi dalam darah, maka kecil kemungkinanya akan derita patah tulang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US