The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ikan Anglerfish DItemukan Usai Terdampar di Pantai California
Ikan Anglerfish. (photo/Dok. Crystal Cove State Park)
Fakta Dan Mitos

Ikan Anglerfish DItemukan Usai Terdampar di Pantai California

Selasa, 25 Mei 2021 14:43 WIB 25 Mei 2021, 14:43 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini, terdapat seekor ikan berbentuk mengerikan yang terdampar di pantai California, Amerika Serikat. Penemuan ikan yang dikenal dengan anglerfish ini mengejutkan karena biasanya ikan ini tinggal di ribuan kaki di bawah permukaan laut. 

Anglerfish sendiri agak susah untuk dipahami dan jarang terlihat di luar laut dalam. Tetapi, awal bulan ini, tubuh utuh dari ikan laut dalam ini terlihat di Crystal Cove State Park di Orange County, California, oleh pengunjung pantai dan nelayan yang bernama Ben Estes. 

"Untuk melihat anglerfish utuh sangat jarang, dan tidak diketahui bagaimana atau mengapa ikanitu sampai di pantai," tulis staf di Crystal Cove State Park dalam sebuah postingan di halaman Facebook mereka.

Makhluk aneh ini biasanya ditemukan di kedalaman laut sekitar 3.000 kaki atau 914 meter. Lebih dari 200 spesies anglerfish telah ditemukan di seluruh dunia, dan para pejabat Crystal Cove State Park menetapkan bahwa spesimen dalam kasus ini mungkin adalah spesies anglerfish yang disebut dengan ikan pacific football atau nama ilmiahnya adalah Himantolophus groenlandicus.

Anglerfish sendiri memiliki hal yang unik. Melansir Live Science, metode reproduksi dari ikan ini tidaklah biasa. Dimana, ikan jantan akan menempel pada betina dengan giginya dan menjadi 'parasit seksual' yang akhirnya menyatu dengan tubuh ikan betina sampai tidak ada yang tersisa dari tubuh mereka kecuali testis untuk keperluan repoduksi. 

Disebut parasit seksual karena ikan jantan yang telah menggigit ikan betina akan mengambil nutrisi dari alirah darah ikan betina. Proses perkawainan itu menjadi semacam menghasilkan sebuah simbiosis mutualisme, dengan keuntungan ikan jantan dapatkan makanan secara instan dan betina mendapatkan sperma sesuai dengan permintaan. Spesimen dari ikan anglerfish ini rencananya akan dipindahkan ke Museum Sejarah Alam Los Angeles untuk menjadi koleksi museum itu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fernando Sutanto

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US