The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta di Balik Rencana Pegawai yang Rampok Bank di Jaksel karena Terinspirasi dari Film
Ilustrasi perampok. (Freepik)
Fakta Dan Mitos

Fakta di Balik Rencana Pegawai yang Rampok Bank di Jaksel karena Terinspirasi dari Film

Untung ketangkap

Jumat, 08 April 2022 19:00 WIB 08 April 2022, 19:00 WIB

INDOZONE.ID - Pegawai salah satu bank swasta berinisial BS (43) nekat melakukan aksi percobaan perampokan di Bank BJB Cilandak, Jakarta Selatan. BS terinspirasi sebuah serial TV perampokan bank Money Heist hingga melakukan aksi perampokan secara real.

"Dia terinspirasi film perampokan yang judulnya ada money-moneynya itu," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto saat dihubungi, Rabu (6/4/2022).

Budhi menyebut dalam serial tersebut ditampilkan adegan perampokan beserta alat-alat yang digunakan. BS pun mencontoh dan membawa alat-alat serupa dalam aksinya.

Baca Juga: Kala Money Heist Jadi Inspirasi Perampok Bank di Jaksel, Untung Pelakunya Bukan 'Profesor'

Ia pun melakukan perencanaan yang ia anggap matang. Begini rencananya: 

Survey target dan lokasi

Sebelum melancarkan aksinya, tersangka BS sempat menyurvei lokasi pada pagi hari. Tersangka mengamati beberapa bank yang ia incar untuk dirampok.

Tersangka memutuskan merampok di Bank BJB karena melihat situasi di lokasi sedang sepi siang itu. Tersangka meyakini perampokan akan berjalan mulus .

Persiapkan alat: bom asap dan alat kejut listrik

Tersangka pegawai bank swasta ini menyiapkan perlengkapan, mulai 'bom asap' hingga alat kejut listrik untuk memuluskan aksinya.

Peralatan membahayakan itu ia siapkan untuk melarikan diri apabila kondisinya terjepit. Semua ini dipengaruhi dari yang ia tonton.

Meletuskan air soft gun karena satpam ngajak duel

BS melakukan perampokan pada Selasa (5/4) lalu di BJB Cabang Fatmawati, Cilandak, Jaksel. BS sempat meletuskan senjata airsoft gun saat melakukan perampokan tersebut. Namun aksi BS ini mampu digagalkan oleh satpam bank. Beruntung juga petugas patroli lewat.

Motif: Terlilit utang.

BS mengaku sebagai pegawai bank swasta dengan gaji Rp 60 juta per bulan. Ia mengaku nekat merampok karena terlilit utang Rp 1,5 miliar.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
Samsudhuha Wildansyah
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US