The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Fakta Hiu Paus, Ikan Terbesar di Dunia yang Beratnya Bisa Capai Berton-ton
Hiu paus. (Dive magazine)
Fakta Dan Mitos

Fakta Hiu Paus, Ikan Terbesar di Dunia yang Beratnya Bisa Capai Berton-ton

Sabtu, 28 Mei 2022 17:21 WIB 28 Mei 2022, 17:21 WIB

INDOZONE.ID - Hiu paus atau ikan yang memiliki nama latin whale shark ditetapkan sebagai ikan terbesar di dunia. Hiu paus memiliki panjang dan bobot yang tak biasa. Hiu paus juga merupakan spesies ikan terbesar yang masih hidup.

Panjangnya bisa mencapai belasan meter dan bobotnya juga bisa sampai berton-ton. Sesuai ukurannya yang sangat besar, hiu paus bisa membuka mulutnya hingga selebar 1,5 meter lho, wow!

Hiu paus memiliki tulang yang sangat besar. Dikutip dari ThoughtCo, panjang hiu paus ini bahkan bisa mencapai 21 meter atau sepanjang bus. Hiu paus hidup di lautan tropis dan memiliki mulut yang sangat besar.

Kemudian, satu-satunya makanan mereka adalah plankton. Meski ukurannya sangat luar biasa, namun hiu paus tidak agresif dan justru mereka termasuk mamalia yang 'ramah'. Karena itu, banyak orang-orang yang snorkeling bermain bersama hiu paus ini di lautan.

Sayangnya, hiu paus kini masuk dalam daftar spesies yang terancam punah karena ditangkap oleh orang tak bertanggung jawab.

Selain memiliki bobot yang luar biasa, hiu paus juga memiliki pola warna yang indah di punggung dan sampingnya. Di punggungnya, terdapat bintik-bintik terang dan garis-garis berwarna abu-abu gelap.

Baca juga: Tragedi Serangan Hiu di Tahun 1916 Menyebabkan Kepanikan, 4 Pengunjung Tewas

Para ilmuwan biasanya menggunakan bagian tubuh punggung paus untuk mengidentifikasi hiu individu yangmembantu mereka mempelajari lebih lanjut tentang spesies secara keseluruhan. Setiap hiu paus memiliki spot yang unik, mirip dengan sidik jari manusia.

Habitat hiu paus

Hiu paus bisa ditemukan di Samudra Atlantik, pasifik dan Hindia. Hiu paus adalah hewan migrasi yang sering berpindah ke tempat mencari makan bersamaan dengan aktivitas pemijahan ikan dan karang.

Seperti hiu penjermur, hiu paus menyaring organisme kecil dari air. Mangsa mereka adalah plankton, krustasea, ikan kecil dan terkadang cumi-cumi yang berukuran besar.

Hiu paus juga merupakan perenang yang luar biasa. Hewan tersebut seringkali bergerak lebih dari 10 ribu km setiap tahunnya dan dapat menyelam di kedalaman sekitar 2 ribu meter.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US