The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Diciptakan Kemudian Dimusnahkan, Seperti Ini Era Peradaban Manusia
Ilustrasi/reductress.com
Fakta Dan Mitos

Diciptakan Kemudian Dimusnahkan, Seperti Ini Era Peradaban Manusia

Mitologi Yunani Kuno

Jumat, 24 Januari 2020 16:21 WIB 24 Januari 2020, 16:21 WIB

INDOZONE.ID - Menurut mitologi Yunani, sejarah peradaban manusia semenjak pertama kali diciptakan hingga sampai masa sekarang terbagi menjadi lima zaman, yaitu Zaman Emas, Perak, Perungggu, Pahlawan, dan Zaman Besi yang merupakan zaman dimana kita hidup sekarang.

Dikutip dari berbagai sumber, zaman emas merupakan era dimana peradaban manusia pertama kali diciptakan. Titan Kronos yang merupakan dewa penguasa dunia pada era tersebut membuat semua manusia hidup dalam keadaan sejahtera dan damai.

Tidak ada penyakit, penderitaan, kelaparan, dan perang karena mereka hidup berdampingan dengan para dewa. Pada masa itu manusia tidak perlu bekerja namun tetap memiliki makanan yang berlimpah dan dunia hanya memiliki musim semi yang nyaman.

Selain itu masa hidup mereka terbilang panjang dan fisik mereka selalu terlihat awet muda. Zaman Perak, zaman ini menjadi zaman peradaban manusia berikutnya dimana Dewa Zeus berkuasa setelah mengalahkan ayahnya, Kronos.

Ketika memerintah, Zeus mengubah cara hidup manusia dengan membagi musim di dunia menjadi empat musim, panas, gugur, dingin, dan semi. Sehingga makanan tidak lagi melimpah dan manusia harus bekerja dan berusaha sendiri agar dapat bertahan hidup.

Pada masa itu manusia tidak mau menyembah para dewa hingga Zeus pun memutuskan untuk memusnahkan manusia pada zaman itu.

Zaman Perunggu, zaman yang terjadi setelah Zeus menciptakan umat manusia baru untuk menggantikan manusia di era sebelumnya, sifat manusia di era ini menjadi suka berperang, kejam, dan gemar melakukan tindak kekerasan.

Ilustrasi dewa Yunani (Ilustrasi/reductress.com)
Ilustrasi dewa Yunani (Ilustrasi/reductress.com)

Walaupun telah memiliki tubuh yang kuat, mereka tetap menciptakan peralatan perang dari perunggu. Melihat manusia ciptaannya yang saling membunuh dan melakukan pengerusakan, akhirnya Zeus memutuskan untuk memusnahkan umat manusia pada era tersebut dengan mengirimkan banjir besar ke dunia.

Zaman Pahlawan, zaman dimana Zeus kembali menciptakan umat manusia yang lebih baik dari era sebelumnya. Pada era ini para manusia setengah dewa mudah dijumpai. Para pahlawan tersebut senang melakukan petualangan dan membunuh monster untuk menyelamatkan manusia lainnya. Pahlawan yang paling dikenal oleh manusia di era ini adalah Herakles. Dan peperangan legendaris antar manusia banyak terjadi pada era ini, seperti Perang Troya.

Zaman Besi, zaman yang terjadi setelah Zaman Pahlawan berlalu dengan sendirinya. Zaman ini adalah zaman dimana kita hidup dan disebut sebagai masa terburuk dalam peradaban umat manusia di muka bumi karena kejahatan dan sisi buruk manusia mendominasi dunia saat ini seperti pembunuhan, pencurian, penyiksaan, dan lain sebagainya.

Diduga karena muak dengan sifat buruk manusia ini, para dewa tidak lagi peduli dengan kehidupan umat manusia, hingga dikisahkan bahwa nantinya Zeus akan datang kembali untuk memusnahkan peradaban manusia saat ini.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US