The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

10 Fakta Penting Terkait Kematian Kurt Cobain 27 Tahun Lalu, Bunuh Diri atau Dibunuh?
Ilustrasi TKP Kematian Kurt Cobain. (Youtube/Yahoo Entertainment), Kurt Cobain dan Surat Kematiannya. (Istimewa).
Fakta Dan Mitos

10 Fakta Penting Terkait Kematian Kurt Cobain 27 Tahun Lalu, Bunuh Diri atau Dibunuh?

8 April 1994.

Kamis, 08 April 2021 10:08 WIB 08 April 2021, 10:08 WIB

INDOZONE.ID - Tepat hari ini, sudah 27 tahun berlalu setelan jasad mendiang dari Kurt Cobain, pentolan grup musik Nirvana,  ditemukan tak bernyawa di rumahnya. Namun misteri dan teori konspirasi masih berhembus terkait kematian pelantun 'Polly' tersebut.

Sampai saat ini, masih banyak yang meragukan kematian sang musisi akibat bunuh diri. Sehingga muncul beberapa teori yang menyatakan kemungkinan ia dibunuh.

Berikut ada beberapa fakta dan kejanggalan terkait kematian sang musisi legenda yang mempopulerkan Grunge pada awal 1990-an. 

Mendiang Kurt Cobain semasa hidupnya. (Instagram/@nirvanarawr).
Mendiang Kurt Cobain semasa hidupnya. (Instagram/@nirvanarawr).

1. Cobain overdosis dan dibawa ke Rehab.

Pada 1 Maret 1994, setelah konser di München, Jerman, Cobain didiagnosa dengan bronkitis dan laringitis yang parah. Ia diterbangkan ke Roma hari berikutnya untuk menjalani pengobatan, dan istrinya menyusul pada 3 Maret, seperti yang dikutip dari All Music

Pagi berikutnya, Love bangun dan menemukan Cobain sudah overdosis dengan paduan dari sampanye dan rohypnol. Ia dilarikan ke rumah sakit dan setelah lima hari di sana diperbolehkan pulang. Karena masalah penyalahgunaan obat ini, Cobain dimasukkan ke panti rehabilitasi pada tanggal 30 Maret. 

2. Kobain kabur dari Rehab.

Namun baru satu hari di tempat itu, Cobain disebut mencoba melarikan diri. Pada malam 1 April, Cobain keluar untuk merokok dan kemudian kabur dari panti tersebut dengan memanjat pagar. Ia kemudian pergi ke Seattle dan menghilang. 

3. Cortney Love sewa detektif swasta untuk cari Kobain

Pada tanggal 3 April, Love menghubungi seorang penyidik swasta bernama Tom Grant, dan menyewanya untuk menemukan Cobain. Namun, alasan menyewa detektif swasta tersebut kemudian berkembang menjadi teori konspirasi terbaru.

4. Penemuan Jenazah Kobain.

Pada tanggal 8 April 1994, jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith. Otopsi kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 April 1994.

Melansir dari Telegraph, pihak berwenang mengatakan penyebab kematiannya adalah bunuh diri dengan cara menembakkan dirinya dengan pistol. Saat itu juga di TKP ditemukan surat dengan tulisan tangannya yang dianggap sebagai pesan terakhir kematiannya.

Namun, tidak semua orang menyutujui dengan teori tersebut. Baik penggemarnya. detektif swasta bernama Tom Grant disewa sang istri untuk menyelidiki kematian tersebut. Ia pun menemukan banyak kejanggalan dalam peristiwa kematian tersebut.

5. Senjata yang Janggal

Dimulai dari jenis senjata yang digunakan bunuh diri. Senjata shutgon dikenal berlaras panjang dan disinyalir sangat sulit bila digunakan untuk bunuh diri. Selain itu, tidak ada sidik jari Cobain, baik di senjata atau di peluru itu. Bila Kurt mau bunuh diri, tentunya sidik jarinya tertinggal di senjata itu.

Baca Juga: Horor! Mati Listrik dan Hujan Deras, Kakak-Adik Ini Malah Lihat Pocong

6. Dosis heroin yang besar di darah.

Fakta janggal lainnya adalah kandungan heroin dalam tubuh Kurt Cobain yang terlampau besar. Sebulan sebelum tewas, Cobain sempat dilarikan ke rumah sakit karena overdosis heroin. Dengan kandungan heroin besar di dalam tubuhnya tersebut, ia tak mungkin kuat menekan pelatuk dari pistol panjang seperti shotgun untuk menembak dirinya.

7. Surat pesan kematian yang seolah ditambahkan orang lain.

Surat Kematian Kurt Cobain.
Surat Kematian Kurt Cobain. (Wikipedia).

Surat pesan terakhir Kurt Cobain juga merupakan temuan yang aneh. Awalnya, surat itu terkesan kuat seperti pesan bunuh diri. Namun bila diperhatikan tidak ada indikasi untuk bunuh diri, melainkan cerita tentang hidupnya dan bagiaman ia menyayangi anaknya.

Sampai akhirnya di empat baris terakhir, tulisan tangan itu berubah. Tulisan itu memang terlihat ada indikasi untuk bunuh diri, namun tulisan tangannya tidak seperti tulisan tangan milik Cobain. Sehingga ada kecurigaan seorang sengaja menambahkan kalimat itu untuk memperlihatkan ia akan bunuh diri.

8. Rokok merk lain dan kartu kredit yang dipakai.

Ada beberapa kejanggalan lain yang ditemukan di TKP. Mulai dari rokok yang berbeda dari milik Kurt Cobain, sampai bukti pemakaian kartu kredit milik Cobain pada tanggal 6 April 1994. 

Meskipun Cobain ditemukan tewas di kamarnya pada 8 April, namun pihak forensik menduga ia sudah tewas selama tiga hari, atau tepatnya tanggal 5 April 1994. Lalu siapa yang menggunakan kartu kreditnya?

9. Bila pembunuhan, Ini para tersangkanya.

Ada dugaan kuat bahwa pembunuhnya adalah sang istri sendiri Courtney Love. Sang istri diduga telah menyuruh seseorang agar membunuh Cobain. Hal tersebut didasari oleh hubungannya dengan Courtney yang sedang dalam keadaan buruk. 

Eldon Hoke pernah mengaku bahwa dirinya ditawari sejumlah uang agar membunuh Cobain. Setelah pernyataan tersebut Eldon Hoke mati tertabrak kereta. Ada juga yang mengatakan bahwa Courtney bersengkongkol dengan pengasuh anak Michael 'Cali' Dewitt untuk membunuh korban. 

10. Bukti yang dihimpun detektif swasta tidak digubris, Kurt Cobain tetap disebut bunuh diri.

Semua fakta ini diungkap oleh sang detektif swasta. Ketidakjelasan kematian Kurt Cobain mengindikasikan adanya persekongkolan ini. Namun, sampai ini semuanya hanya dugaan dan belum ada pembuktian lainnya yang dipersidangkan kembali.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US