The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Disangka Tempat Wisata, Catacombs di Paris Ini Ternyata Tempat yang Menyeramkan
Catacombs di Paris. (travel.earth.com)
Fakta Dan Mitos

Disangka Tempat Wisata, Catacombs di Paris Ini Ternyata Tempat yang Menyeramkan

Jumat, 08 Oktober 2021 16:17 WIB 08 Oktober 2021, 16:17 WIB

INDOZONE.ID - Catacombs yang terletak di kota Paris, Perancis kerap dijadikan wisatawan sebagai lokasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Selain bentuknya yang cukup unik, Catacombs juga dianggap sebagai bangunan sejarah yang memiliki cerita tersendiri untuk negara Menara Eifel tersebut.

Namun, tak seasik yang dibayangkan ternyata Catacombs merupakan sebuah pemakaman massal yang dibuat di bawah tanah. Seperti jalan cerita film IT, nampaknya tempat ini menyimpan beragam fakta yang menarik dan perlu diulas supaya kami tidak salah memilih untuk menjadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata.

Berikut ini fakta-fakta yang tidak diketahui banyak orang soal Catacombs di Paris.

1. Tempat pemakaman lebih dari enam juta orang Paris

Pada abad ke-18, lokasi untuk pemakaman di kota Paris mulai kehabisan ruang. Jika tak segera di atasi, maka beberapa mayat yang tidak terkubur dengan baik mampu menyebarkan penyakit.

Akhirnya, pejabat Paris memilih untuk meninggalkan kuburan kota dan memindahkan sisa-sisa yang mereka tampung ke tempat lain. Para pejabat memilih untuk beralih ke beberapa tambang bawah tanah kota. Mereka pun mampu mengatur pergerakan lebih dari enam juta mayat di bawah tanah dari tahun 1780-an hingga 1814.

Semua mayat ini diambil dari kuburan yang sebelumnya yang ada di seluruh Paris. Mayat tersebut diangkut melalui gerobak dan disimpan di tempat peristirahatan terakhir mereka yakni Catacombs.

2. Jadi tempat berenang rahasia

Meskipun Catacombs menjadi tempat gelap yang berisi mayat orang meninggal, namun faktanya masih ada beberapa orang yang memiliki nyali besar dan rela melakukan perjalanan turun ke kedalaman Catacombs untuk berenang.

Baca Juga: Tempat-tempat Menyeramkan di Dunia

Bukan tanpa sebab, rupanya air yang terdapat di dalam Catacombs mampu menyegarkan diri dan bersuci jika kamu merasa penuh akan dosa. Bagi kelompok katafil kolam ini sebagai kolam renang dadakan.

Catacombs di Paris
Catacombs jadi tempat berenang rahasia. (listverse.com)

3. Lokasi operasi Klandestin

Pada tahun 2004, polisi yang sedang melakukan latihan di Catacombs menemukan sesuatu yang sama sekali tidak terduga.
Saat menjelajahi area terpencil dari sistem terowongan luas tersebut, mereka menemukan ruang bioskop raksasa, yang dilengkapi dengan layar, peralatan, dan restoran serta bar, semuanya difasilitasi oleh telepon dan kabel listrik yang dipasang secara profesional.

Yang lebih menakutkan lagi adalah fakta bahwa kamera rahasia mengambil foto petugas saat mereka masuk ke pintu masuk. Tidak ada yang tahu siapa yang bertanggung jawab, dan sebuah catatan tertinggal di tempat kejadian yang berbunyi, "Jangan mencoba dan menemukan kami".

4. Digunakan sebagai Bunker di Perang Dunia ke II

Pada Perang Dunia ke II, pihak Nazi dan Sekutu rupanya pernah menggunakan Catacombs ini sebagai tempat persembunyian bala tentaranya.

Pihak Nazi diketahui meninggalkan kehadiran mereka di dalam Catacombs dengan membangun berbagai bunker seperti di bawah sekolah menengah Lycee Montaigne dan jejak bunker ini masih ada sampai sekarang.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US