The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Hantu-Hantu Terkenal di Abad Pertengahan, Gentayangan karena Dendam yang Mendalam
Ilustrasi hantu. (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Hantu-Hantu Terkenal di Abad Pertengahan, Gentayangan karena Dendam yang Mendalam

Senin, 16 Mei 2022 23:30 WIB 16 Mei 2022, 23:30 WIB

INDOZONE.ID - Abad pertengahan bagi bangsa Eropa merupakan abad yang cukup kelam. Bagaimana tidak, pertumpahan darah dan juga hal-hal yang tak terduga lainnya kerap terjadi di masa kelam ini.

Salah satu hal yang menjadi buah bibir di abad pertengahan ini yakni munculnya hantu-hantu yang melegenda dan datang dari Romawi kuno. Hantu-hantu ini dipercayai muncul dari kalangan pemimpin Romawi yang kematiannya sangat tragis.

Baca Juga: Alasan Mengapa Orang Takut Hantu, Kerap Berhalusinasi terhadap Imajinasi Wajah Jelek Hantu

Dikutip dari nationalgeographic, hantu-hantu yang melegenda dipercaya masyarakat Eropa yakni hantu dari Kaisar Nero dan Julius Caesar. Teori ini pun semakin didukung oleh munculnya cerita hantu Beatrice, putri salah satu keluarga Romawi yang memiliki seorang ayah yang kasar. Beatrice diduga dibunuh oleh keluarganya dengan posisi kepala dipenggal.

Dua ratus tahun kemudian pun pasukan Napoleon yang memasuki Roma dan menghancurkan makam Beatrice di gereja hingga memainkan tengkoraknya sebagai bola.

Diduga dari kejadian tersebut, roh Beatrice pun menampakkan dirinya di jembatan Kastil Sant' Angelo sambil memegangi kepalanya di tangan. Kisah ini pun muncul dan populer di kalangan Romawi dan menjadi momok bagi masyarakat untuk berdatangan ke lokasi tersebut.

Kisah populer lainnya datang dari Kaisar Nero yang disalahkan atas kebakaran yang menghancurkan Romawi pada tahun 64 M dan atas pembunuhan ibunya, Seneca.

Diduga karena frustasi, ia akhirnya memutuskan bunuh diri dan mati dalam penderitaannya. Nero pun meminta dimakamkan oleh Porta del Popolo bersama dengan para pelacur dan juga ateis.

Pada abad pertengahan ini, arwah Nero disebut terlihat berkali-kali. Sampai akhirnya peresmian sebuah kapel kepadanya di gereja Santa Maria del Popolo pada tahun 1099 membuat jasad Nero menjadi tenang.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US