The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Melihat Footballfish Terdampar di Pantai, Monster Laut Misterius yang Sangat Langka
Ikan mengerikan. (Photo/Jay Beiler)
Fakta Dan Mitos

Melihat Footballfish Terdampar di Pantai, Monster Laut Misterius yang Sangat Langka

Sabtu, 27 November 2021 19:10 WIB 27 November 2021, 19:10 WIB

INDOZONE.ID - Seorang pria bernama Jay Beiler belum lama ini menemukan sosok makhluk misterius yang terdampar di pantai. Makhluk tersebut cukup menakutkan karena jarang dilihat langsung oleh mata manusia.

Dilansir dari India Times, Beiler menemukan makhluk itu di Black's Beach, Torrey Pines, San Diego. Ia menemukan ikan yang menakutkan itu pada 13 November lalu dan mengunggahnya ke media sosial.

Dikira Ubur-ubur

footballfish
(Photo/Jay Beiler)

Beiler mengira bahwa makhluk misterius itu adalah ubur-ubur. Namun, ketika dia semakin dekat ke tempat itu, dia menyadari itu adalah sesuatu yang sama sekali berbeda.

"Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Awalnya, saya pikir itu adalah seperti ubur-ubur atau semacamnya," kata Beiler.

Meski alam dikenal indah, tapi masih banyak misteri yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, Beiler yang tidak mengetahui makhluk tersebut mengabadikan dan membagikannya kepada orang lain. Diketahui, makhluk itu adalah Pacific Footballfish.

Apa itu Footballfish?

footballfish
(Photo/Jay Beiler)

Footballfish, yang secara ilmiah dikenal sebagai Himantolophus, diketahui hidup di perairan dengan kedalaman 3.000-4.000 kaki.

Makhluk ini kebanyakan ditemukan di perairan tropis dan subtropis di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Ikan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1837 oleh Johan Reinhardt, seorang profesor zoologi.

Ikan itu juga termasuk bagian dari Himantolophidae, dari anglerfish laut dalam berbentuk bulat yang ditemukan di perairan tropis.

Baca juga: Percaya Atau Tidak, Busan Akan Buat Kota Terapung Pertama di Dunia Pada Tahun 2025

Gigi Setajam Pisau

footballfish
(Photo/Jay Beiler)

Foto-foto yang diabadikan Beiler menunjukkan bagaimana makhluk itu terlihat - gigi setajam pisau, paku di sisinya, dan proyektil mengalir keluar dari dahinya.

"Saya pergi dan melihatnya sedikit lebih hati-hati, dan beberapa orang lain berkumpul di sekitarnya juga, dan kemudian saya melihat bahwa itu adalah ikan yang sangat tidak biasa. Ini adalah mimpi buruk mulutnya hampir terlihat berdarah," kata Beiler.

Pendapat Ilmuwan

footballfish
(Photo/Wikipedia)

Setelah potret mengerikan ikan itu dikirimkan kepada para ilmuwan di Scripps Institution of Oceanography, seorang ilmuwan mengomentari jenis ikan tersebut.

“Ini adalah salah satu spesies anglerfish yang lebih besar, dan hanya terlihat beberapa kali di sini di California, tetapi ditemukan di seluruh Samudra Pasifik,” kata Ben Frable, manajer Koleksi Vertebrata Laut di Scripps.

Sementara itu, Footballfish lainnya juga terdampar di pantai California pada awal tahun ini. Warnanya benar-benar hitam dengan gigi tajam dan tubuh seperti bola. Ditemukan di pantai Kawasan Konservasi Laut Taman Negara Bagian Crystal Cove di Pantai Laguna.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US