The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penemuan Baru, Kerangka 'Naga Laut' Raksasa Ditemukan di Inggris, Bakal Siap Dipamerkan
Penemuan fosil 'Naga Laut' raksasa di Inggris. (NBCNews)
Fakta Dan Mitos

Penemuan Baru, Kerangka 'Naga Laut' Raksasa Ditemukan di Inggris, Bakal Siap Dipamerkan

Jumat, 14 Januari 2022 19:36 WIB 14 Januari 2022, 19:36 WIB

INDOZONE.ID - Masih menjadi misteri bahwasanya dulu Bumi ini dihuni oleh hewan-hewan besar bahkan raksasa. Hal tersebut lantaran masih dugaan para peneliti akan dinosaurus yang ditemukan kerangka-kerangkanya beberapa masa.

Baru-baru ini arkeolog di Anglian Water dan Leicestershire and Rutland Wildlife Trust melaporkan telah menemukan kerangka predator reptil prasejarah yang telah punah pada Senin (10/01/20220). Para arkeolog itu menemukan kerangka yang diduga sebagai naga laut terbesar dan kerangka terlengkap yang pernah ditemukan di Inggris.

"Ini adalah fosil yang paling lengkap dan paling besar dari kerangka dinosaurus yang pernah ditemukan. Ini adalah penemuan besar karena memiliki banyak alasan," kata ahli paleontologi Dean Lomax, yang dikutip dari NBCNews.

Baca Juga: Arkeolog di China Temukan Baju Armor Berumur 2.700 Tahun di Dalam Makam Kuno

Diberi nama fosil Ichthyosaurus, kerangka tersebut memiliki panjang lebih dari 32 kaki dengan tengkorak setinggi 6 kaki. Diprediksikan oleh peneliti bahwa naga laut tersebut memiliki berat sekitar satu ton. Naga laut yang ditemukan tersebut diperkirakan hidup sekitar 180 juta tahun yang lalu, selama periode Jurassic ketika dinosaurus masih hidup di Bumi.

“Selama periode Jurassic, naga laut ini berada di puncak rantai makanan. Naga ini adalah predator puncak tertinggi, mungkin salah satu hewan terbesar di laut di seluruh dunia,” jelas Dean kembali.

Rupanya arkeolog lainnya sebelumnya telah menemukan dua fosil  Ichthyosaurus yang lebih kecil dan tidak lengkap. Fosil itu ditemukan di lokasi yang sama pada tahun 1970-an.

Dilihat dari bentuknya, peneliti pun menyebut Ichthyosaurus sebagai reptil laut punah yang menyerupai lumba-lumba. Hewan prasejarah itu pertama kali ditemukan hampir 200 tahun yang lalu di Jurassic Coast di selatan Inggris. Diperkirakan naga laut itu punah pada 90 juta tahun yang lalu.

Peneliti yang menemukan fosil tersebut berharap fosil lengkap ini akan membantu ahli paleontologi untuk melengkapi ilmu pengetahuan dengan fragmen fosil ichthyosaurus tidak lengkap lainnya yang telah ditemukan di Inggris.

Fosil tersebut pun saat ini berada di laboratorium konservator paleontologi Nigel Larkin, di mana akan melalui tahapan pembersihan, pengawetan dan pemajangan. Ichthyosaurus bakal siap dipamerkan dalam 18 hingga 24 bulan ke depan.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US