The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pesawat NASA Sengaja 'Bunuh Diri' Tabrak Asteroid, Misi Selamatkan Bumi Diklaim Berhasil
Pesawat NASA sengaja mengubah pergerakan asteroid (ANTARA/XINHUA)
Fakta Dan Mitos

Pesawat NASA Sengaja 'Bunuh Diri' Tabrak Asteroid, Misi Selamatkan Bumi Diklaim Berhasil

Misi DART.

Kamis, 13 Oktober 2022 05:00 WIB 13 Oktober 2022, 05:00 WIB

INDOZONE.ID - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil membelokkan asteroid dalam tes bersejarah misi menyelamatkan bumi. 
Klaim berhasil tersebut diungkap nasa usai pesawat luar angkasa NASA menghentikan objek kosmik yang dinilai dapat menghancurkan kehidupan.

Dikutip dari ANTARA, Misi Tes Pengalihan Asteroid Ganda (Double Asteroid Redirection Test/DART) NASA berhasil mengubah orbit asteroid Dimorphos ketika wahana antariksa NASA itu dengan sengaja menabrak batu luar angkasa.

“Ini menjadi kali pertama manusia dengan sengaja mengubah pergerakan sebuah objek astronomi dan demonstrasi skala penuh pertama dari teknologi defleksi asteroid,” beber NASA.

Sebelum bertabrakan dengan DART, Dimorphos membutuhkan waktu 11 jam 55 menit untuk mengorbit asteroid induknya yang berukuran lebih besar, Didymos.

Baca juga: ‘Bumi Super’ Ditemukan Astronom NASA, Lebih Layak Huni Ketimbang Bumi

Setelah tabrakan yang disengaja antara DART dengan Dimorphos pada 26 September, para astronom menggunakan teleskop di Bumi untuk mengukur sejauh mana waktu yang dibutuhkan untuk mengorbit telah berubah.

Baca juga: Google Rayakan Misi NASA Tabrakan Pesawat ke Asteroid, Situs Pencarian Jadi Miring Kapten!

Kini, tim investigasi mengonfirmasi bahwa peristiwa tabrakan dengan wahana antariksa itu mengubah waktu pengorbitan Dimorphos mengelilingi Didymos selama 32 menit, memperpendek orbit yang sebelumnya membutuhkan waktu 11 jam 55 menit menjadi 11 jam 23 menit.

“Misa DART bertujuan untuk mengubah orbit asteroid melalui tumbukan kinetik, guna menguji dan memvalidasi metode untuk melindungi Bumi jika terjadi ancaman tabrakan asteroid,” ungkap NASA.

Adapun diketahui, wahana antariksa DART telah diluncurkan pada 24 November 2021, dan menghabiskan 10 bulan untuk bergerak menuju target asteroidnya. 

 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US