The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Garuda Pancasila Ternyata Ngutip Simbol Agama Hindu untuk Kendaraan Dewa Wisnu
Relief Garudeya yang ditiru Garuda Pancasila. (Wikimedia)
Fakta Dan Mitos

Garuda Pancasila Ternyata Ngutip Simbol Agama Hindu untuk Kendaraan Dewa Wisnu

Benarkah?

Kamis, 18 Agustus 2022 04:10 WIB 18 Agustus 2022, 04:10 WIB

INDOZONE.ID - Simbol Garuda Pancasila mungkin masih menjadi teka-teki. Apakah burung tersebut benar-benar hidup di zaman dahulu dan menjadi inspirasi pendiri negara untuk dijadikan simbol akan cita-cita bangsa?

Nyatanya, Garuda Pancasila hanyalah simbol yang belakangan diketahui mengutip dari simbol agama Hindu. Tak hanya simbolnya saja, rupanya nama burung tersebut juga meniru nama asli dari simbol tersebut.

Baca Juga: Lirik Lagu Garuda Pancasila beserta Makna dan Not Musiknya

Dikutip dari buku yang berjudul Meneroka Garuda Pancasila karya Femi Eka Rahmawati, simbol Garuda Pancasila merupakan bentuk tiruan dari Garudeya, kendaraan Dewa Wisnu Sang Pemelihara Alam Semesta.

asal usul garuda pancasila
Penampakan relief Garudeya. (Wikimedia)

Garudeya tentunya merupakan hewan mitologi yang kerap digambarkan memiliki kepala, sayap, ekor, bermoncong burung elang; namun dengan tubuh, tangan, dan kaki layaknya manusia.

Simbol Garudeya sendiri pertama kali digunakan oleh Raja Airlangga yang pada abad ke-11 menggunakan Garudeya sebagai simbol kerjaaannya. Prasasti-prasasti semasanya kerap dijumpai menggunakan simbol makhluk mitologi ini.

Tak hanya Raja Airlangga, rupanya di Sukuh, tepatnya di Candi Cetho Garudeya tidak dipahat di batu, melainkan dibangun dari susunan batu yang berdiri di atas tanah.

Seperti pemaknaannya, Garudeya dikisahkan sebagai kepahlawanan sang Garuda dalam membebaskan ibundanya dari perbudakan yang dilakukan ibu tirinya, yang merupakan ibu dari para naga.

Hal ini pula yang ditanamkan dalam Garuda Indonesia, dimana di dadanya terletak 5 sila yang merupakan cita-cita bangsa Indonesia dalam meujudkan kehidupan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dewi Kania
Abdul Fattah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US