Fungsi Penting Lahan Gambut Bagi Kehidupan
photo/indonesia.wetlands.org
Fakta Dan Mitos

Fungsi Penting Lahan Gambut Bagi Kehidupan

Reka
Sabtu, 19 Oktober 2019 18:00 WIB 19 Oktober 2019, 18:00 WIB

INDOZONE.ID - Gambut adalah jenis tanah yang terbentuk dari sisa-sisa pohon, rerumputan, lumut dan binatang yang telah mati baik baik yang setengah membusuk atau sudah busuk hingga memiliki kandungan organik yang tinggi dan sebagian besar terdiri dari air.

Tanah gambut sangat penting bagi kehidupan terutama menghadapi perubahan iklim. Saat hujan lahan gambut akan menyimpan banyak air dan dimusim kemarau gambut akan melepaskan air secara perlahan-lahan untuk menyediakan pasokan airnya.

Karena tanah gambut menyerap sebagian besar air di saat hujan, maka keberadaan tanah ini akan membantu mengurangi terjadinya banjir yang lebih parah jika curah hujan tinggi. 

Indonesia memiliki hutan gambut yang luas namun sebagian besar dijadikan perkebunan kelapa sawit. Hal ini akan berdampak buruk bagi perubahan iklim.

Sebab, air pada lahan gambut akan dikeringkan, pohon ditebang dan tanah gambut digali. Maka akan banyak karbon yang dilepaskan ke atmosfer.

Gambut akan kehilangan kemampuannya untuk menyimpan air, dan di musim kemarau akan rawan terjadi kebakaran. Tanpa tanah gambut, dampak perubahan iklim akan semakin buruk.

TAG
Reka
Reka

Reka

Editor
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU