The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 8 April: Israel Bom Sekolah Dasar di Mesir dan Meninggalnya Glenn Fredly
SD Bahr El-Baqar di Mesir yang dibom Israel, Insert: Korban luka-luka dari kejadian.. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 8 April: Israel Bom Sekolah Dasar di Mesir dan Meninggalnya Glenn Fredly

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Kamis, 08 April 2021 09:00 WIB 08 April 2021, 09:00 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 8 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa pengeboman sebuah SD di Mesir oleh Israel dan meninggalnya musisi Indonesia Glenn Fredly. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Kamis (8/4/2021).

1. Patung Venus de Milo ditemukan di pulau Milos, Yunani (1820).

Venus de Milo.
Patung Venus de Milo. (Wikipedia).

Venus de Milo adalah patung Yunani kuno dan salah satu karya paling terkenal dari patung Yunani kuno. Awalnya patung ini dikaitkan dengan pematung Praxiteles, tetapi berdasarkan prasasti yang ada di alasnya, patung itu sekarang dianggap sebagai karya Alexandros dari Antiokhia. 

Secara umum dinyatakan bahwa Venus de Milo ditemukan pada tanggal 8 April 1820 oleh seorang petani bernama Yorgos Kentrotas, di dalam ceruk terkubur di dalam reruntuhan kota kuno Milos. Milos adalah desa Trypiti saat ini, di pulau Milos  di Laut Aegea, yang saat itu merupakan bagian dari Kekaisaran Ottoman. Saat ini, Venus de Milo bisa dilihat di Museum Louvre, Perancis.

2. Pengeboman SD Bahr El-Baqar oleh Israel, 46 anak tewas (1970).

SD Bahr El-Baqar
SD Bahr El-Baqar. (Wikipedia).

Sekolah dasar Bahr el-Baqar di desa Bahr el-Baqar, Mesir dibom oleh Angkatan Udara Israel pada tanggal 8 April 1970, dan menewaskan 46 anak. Dari 130 anak yang bersekolah itu, 46 tewas dan lebih dari 50 luka-luka. Sekolah itu sendiri benar-benar hancur berantakan  Serangan itu dilakukan oleh pesawat pengebom tempur F4 Phantom II Angkatan Udara Israel, pada  8 April 1970. Lima bom dan dua rudal udara-ke-darat menghantam sekolah satu lantai, yang terdiri dari tiga ruang kelas. 

Ada perselisihan yang signifikan antara kedua belah pihak serta sekutu mereka tentang motif serangan itu dan, akibatnya, penunjukan yang tepat. Sementara sumber-sumber Mesir dan Arab menganggap serangan itu sebagai pembantaian yang disengaja, bahkan kejahatan perang, yang dimaksudkan untuk memberlakukan gencatan senjata. Sedangkan sumber-sumber Israel dan Barat menganggapnya sebagai human error di sisi Israel yang menyangkan sekolah adalah instalasi militer Mesir. 

Baca Juga: Identifikasi Jasad Teroris Bom Bunuh Diri, Ahli Forensik Ini Pakai Lemak yang Berceceran

3. Kurt Cobain vokalis grup Nirvana ditemukan tewas di kediamannya di Seattle (1994).

Mendiang Kurt Cobain semasa hidupnya. (Instagram/@nirvanarawr).
Mendiang Kurt Cobain semasa hidupnya. (Instagram/@nirvanarawr).

Kurt Donald Cobain adalah penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle, Nirvana. Ia ditemukan tewas pada 8 April 1994 dengan dugaan bunuh diri menggunakan pistol laras panjang.

Jenazah Cobain ditemukan di sebuah ruangan di atas garasi rumahnya di Lake Washington oleh pegawai Veca Electric bernama Gary Smith. Otopsi kemudian memperkirakan Cobain tewas pada 5 April 1994. Banyak kejanggalan dari kematian Kurt Cobain yang mengundang teori konspirasi di sekitaran kematiannya.

4. Glenn Fredly meninggal dunia karena meningitis (2020).

Glen Fredly.
Glenn Fredly. (Wikipedia).

Glenn Fredly mengawali kariernya saat dia menjadi vokalis Funk Section. Pada tahun 1995, setahun setelah ia lulus SMA pada tahun 1994, Funk Section meluncurkan sebuah album eksklusif yang dikemas secara apik. Tiga tahun kemudian (1998), Glenn bernyanyi solo dan meluncurkan sebuah album yang bertajuk Glenn dengan bermodalkan 8 buah lagu. Dalam album ini terdapat tiga buah lagu yang sering dinyanyikan Glenn yaitu Kau dan Cukup Sudah serta Mobil Mama yang menjadi hits di Malaysia.

Glenn meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020 pukul 18.00 WIB di Rumah Sakit Setia Mitra, Fatmawati, Jakarta Selatan pada usia 44 tahun. Glenn dikabarkan meninggal dunia akibat penyakit meningitis yang dideritanya.Glenn dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US