The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Patung Dewa Ganesha Dinaiki Wisatawan, Ini Maknanya bagi Umat Hindu
Wisatawan naiki patung Dewa Ganesha. (Instagram/@niluhdjelantik)
Fakta Dan Mitos

Viral Patung Dewa Ganesha Dinaiki Wisatawan, Ini Maknanya bagi Umat Hindu

Dewa penolak bala.

Rabu, 06 Juli 2022 20:15 WIB 06 Juli 2022, 20:15 WIB

INDOZONE.ID - Belum lama ini, pengusaha sekaligus politisi asal Bali, Niluh Djelantik membagikan potret wisatawan yang menaiki Patung Dewa Ganesha. Salah satu dari dua ibu-ibu tersebut tampak berdiri dengan setengah terduduk di patung.

Menurut Niluh, wisatawan tersebut kurang wawasan sehingga perlu diberi edukasi bagaimana harus bersikap di tempat ibadah umat Hindu.

"Mbok titip pesan pengen ketemu dan kasi masukan bagaimana bersikap di tempat ibadah umat Hindu. Mungkin mereka minim wawasan jadi perlu dikasi wejangan," tulis Nilih Djelantik lewat akun Instagram-nya, dikutip pada Rabu (6/7/2022).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Niluh Djelantik (@niluhdjelantik)

Makna Patung Dewa Ganesha bagi Umat Hindu

Ganesha adalah salah satu dewa terkenal dan banyak dipuja umat Hindu. Dewa Ganesha sendiri memiliki gelar sebagai Dea pengetahuan dan kecerdasan, Dewa pelindung, Dewa penolak bala Dewa Kebijaksaan.

Beberapa pekarangan rumah di Bali mungkin terdapat patung ewa Ganesha. Patung yang ada di rumah itu diketahui sudah diupacarai secara Hindu oleh orang yang menaruh patung Dewa Ganesha itu di rumahnya.

Dikutip dari laman SMKN 1 Singaraja, tidak sembarangan bisa menaruh patung Dewa Ganesha di pekarang rumah.

Dewa Ganesha memiliki tubuh yang gemuk dengan kepala gajah. Di balik wujudnya, ternyata tersimpan filosofi.

Kepala besar melambangkan kita sebagai manusia seharusnya lebih banyak menggunakan akal daripada fisik saat memecahkan masalah.

Mata yang sipit dimaksudkan untuk konsentrasi. Pikiran harus diarahkan ke hal-hal yang positif untuk memperbaiki daya nalar dan pengetahuan.

Kemudian, dua telinga besar mengajarkan supaya kita mendengarkan orang lain lebih banyak. Sebagian di antara kita mungkin selalu mendengar, tapi sangat jarang mendengarkan orang.

Lalu, mulut yang kecil mengajarkan agar kita mengontrol gerak mulut dan lidah. Maksudnya, kita jangan berbicara sembarangan.

Sementara itu, belalai yang menjulur melambangkan efisiensi dan adaptasi yang tinggi. Perut buncit melambangkan kesimbangan dalam menerima baik buruknya gejolak dunia.

Tangan ke depan patung Ganesha sendiri dimaknai memberi berkat kepada pemuja, umat manusia. Sementara itu tangan kanan belakang yang memegang kapak artinya dengan memotong kapak itu Dewa Ganesha memotong keterikatan duniawi.

Tangan kiri belakang memegang tali dan dengan tali beliau menarik mereka untuk semakin dekat dengan kebenaran, kebajikan, dan cinta kasih serta intelektualitas.

Tangan kiri depan membawa modaka (manisan) dipegang oleh Dewa Ganesha perlambang pahala dari kebahagiaan yang beliau berikan kepada pemuja-Nya.

Lalu seekor tikus yang selalu berada di dekat Ganesha. Tikus dijadikan lambang nafsu dalam figur Dewa Ganesha. Tikus yang diibaratkan sebagai nafsu harus ditundukkan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US