The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sejarah 15 Desember: Olahraga Bola Basket Diciptakan hingga Pemakaman Nelson Mandela
Kiri: Ilustrasi olahraga bola basket (Pixabay) | Kanan: Nelson Mandela (REUTERS)
Fakta Dan Mitos

Sejarah 15 Desember: Olahraga Bola Basket Diciptakan hingga Pemakaman Nelson Mandela

Rabu, 15 Desember 2021 12:37 WIB 15 Desember 2021, 12:37 WIB

INDOZONE.ID - Hari ini dalam sejarah, Rabu, 15 Desember 2021 terdapat sejumlah peristiwa di masa lalu yang tercatat dalam sejarah. Salah satunya tepat pada hari ini, 766 tahun yang lalu, Kabupaten Lumajang di Provinsi Jawa Timur dibentuk.

Selain itu, pada 15 Desember juga, ada peristiwa lainnya yang patut untuk dikenang sebagai sejarah. Mulai dari penyetujuan RUU Hak Asasi di Amerika Serikat, penciptaan permainan bola basket, hingga penghapusan Shinto sebagai agama resmi di Jepang.

Berikut sederet peristiwa yang terjadi pada 15 Desember.

687: Santo Sergius I menjadi diangkat jadi Paus Gereja Katolik Roma

sejarah 15 desember
Ilustrasi Santo Sergius I (Istimewa)

Pada 15 Desember 687, Santo Sergius I diangkat menjadi Paus Gereja Katolik Roma. Selama menjadi paus, dia terlibat dalam perselisihan dengan Konsili Quinisext karena dukungannya terhadap persatuan politik dengan Konstatinopel.

Karena perselisihan itu, kaisar Bizantin Justinian II memerintah untuk melakukan penculikan terhadap Santo Sergius I. Namun berkat bantuan eksark Ravenna, dia berhasil terhindar dari penculikan itu.

Pada 8 September 701, dia meninggal dunia. Masa kepausannya pun berakhir dan diganti oleh Yohanes VI.

1255: Pembentukan Kabupaten Lumajang

sejarah 15 desember
Logo Pemerintah Kabupaten Lumajang (Wikipedia)

Nama Lumajang pada awalnya adalah Lamajang. Hal itu diketahui berdasarkan sejarah Kerajaan Kediri pada tahun 1182, di mana daerah Lamajang menjadi salah satu daerah yang sudah berkembang.

Setelah kerajaan Kediri runtuh dan digantikan oleh Kerajaan Singasari, dibentuklah suatu pemerintahan di daerah Lumajang, tepatnya pada masa pemerintahan raja Singasari ke-4, Raja Nararya Sminingrat pada 15 Desember 1255.

Tanggal itulah yang menjadi dasar atau cikal bakal hari jadi Kabupaten Lumajang yang kini menjadi bagian dari daerah Provinsi Jawa Timur di negara Republik Indonesia.

1791: Amerika Serikat menyetujui RUU Hak Asasi

sejarah 15 desember
Ilustrasi Bill of Rights (Istimewa)

RUU Hak Asasi atau Bill of Rights ditetapkan sebagai amandemen kesupuluh terhadap konstitusi Amerika Serikat. Amandemen tersebut dibuat untuk melindungi hak-hak asli dari kebebasan dan harta benda.

Pada awalnya, Bill of Rights di Amerika hanya melindungi orang kulit putih, tidak termasuk orang kulit hitam dan perempuan.

Namun batasan-batasan itu dihapuskan dan Bill of Rights menjadi amandemen yang menaungi seluruh warganegara Amerika.

1891: Olahraga bola basket diciptakan

sejarah 15 desember
ILustrasi olahraga bola basket (Pixabay)

Pada 15 Desember 1891, diciptakan olahraga bola basket oleh James Naismith, seorang guru pendidikan jasmani di YMCA International Training School di Springfield, Massachusetts, AS.

Olahraga bola basket itu diciptakannya terinspirasi dari permainan yang dimainkan sewaktu kecil di Ontario.

Kemudian bola basket resmi menjadi salah satu cabang olahraga dan dimainkan di olimpiade. Pada Olimpiade Berlin 1936, James Naismith ditetapkan sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional.

2013: Pemakaman jenazah Nelson Mandela

sejarah 15 desember
Nelson Mandela (REUTERS)

Mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga di Qunu pada Minggu, 15 Desember 2013.

Namanya dikenal luas oleh publik dunia karena perjuangannya melawan politik apartheid yang menjadi sejarah kelam di Afrika Selatan.

Pada 1994, dia terpilih menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan setelah hampir satu abad negara itu dikuasai orang kulit putih. 

Nelson Mandela terpilih sebagai presiden setelah negara itu menggelar Pemilu Multiras untuk pertama kalinya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Nanda
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Nanda

Nanda

Writer
JOIN US
JOIN US