The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Sering Jadi Pertanyaan Mengapa Anjing Kerap Menjulurkan Lidahnya, Berikut Jawabannya
Ilustrasi Anjing yang menjulurkan lidahnya. (ANTARA/Reuters)
Fakta Dan Mitos

Sering Jadi Pertanyaan Mengapa Anjing Kerap Menjulurkan Lidahnya, Berikut Jawabannya

Senin, 16 Mei 2022 12:51 WIB 16 Mei 2022, 12:51 WIB

INDOZONE.ID - Anjing merupakan hewan yang cukup unik dan memiliki fakta menarik untuk dikulik. Selain suka melonglong tak jelas pada tengah malam, anjing juga memiliki keanehan dengan hewan yang paling suka menjulurkan lidahnya.

Kebiasaan ini kerap menjadi hal yang dilakukan anjing saat usai mencium pemiliknya atau saat tengah makan dan juga minum. Sambil terengas-engas, tingkah ini kerap dilakukan anjing dan menjadi pertanyaan bagi kita semua.

Baca Juga: Seberapa Jauh Anjing Dapat Mengendus dan Mendengarkan Suara?

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa alasan anjing menjulurkan lidahnya. Tingkah laku ini bisa menjadi sinyal dan pertanda bagi pada pemilik maupun orang lain.

Alasan anjing suka menjulurkan lidah

Anjing menjulurkan lidahnya bukan tanpa sebab, biasanya anjing akan memberikan beberapa kode sehingga ia merasa perlu menjulurkan lidahnya.

1. Kelelahan

Menjulurkan lidah keluar mulut biasanya menandakan anjing sedang merasa kelelahan. Berbeda dengan manusia yang mengeluarkan keringat saat lelah, anjing akan menjulurkan lidahnya lantaran air akan menguap dari lidah dan saluran pernapasan anjing.

Penguapan ini akan membantu tubuh anjing menjadi dingin sehingga dirinya mampu melakukan aktivitas lainnya.

2. Demam tinggi

Seperti manusia, anjing juga bisa terkena demam tinggi. Saat demam, tentunya anjing meraskaan tubuh yang sangat panas dari dalam sehingga menjulurkan lidah menjadi cara baginya untuk mendapatkan ketenangan dan suhu dingin. Usaha ini dilakukan anjing agar mereka tidak mengalami kematian.

3. Mabuk kendaraan

Saat anjing sering dibawa bepergian kemana-mana, anjing bisa terkena mabuk kendaraan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya keseimbangan di bagian telinga dalam dan cemas dengan lingkungan baru. Sehingga, anjing akan menjulurkan lidah dengan napas yang tersengal-sengal untuk mendapatkan kondisi tubuh yang baik kembali.

4. Sindrom lidah gantung

Sesuai dengan namanya, penyakit ini mampu menyerang anjing ras kecil sepertui pugs karena faktor genetik. Kondisi ini akan membuat rongga lidah anjing menjadi besar dan sangat kering. Anjing kerap akan merasakan bibir pecah-pecah dan terjadi perubahan warna pada lidah dan gusinya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US