The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Buka Payung di Dalam Rumah Bisa Bikin Sial, Fakta atau Mitos?
Ilustrasi payung (Pexels)
Fakta Dan Mitos

Buka Payung di Dalam Rumah Bisa Bikin Sial, Fakta atau Mitos?

Rabu, 12 Januari 2022 16:00 WIB 12 Januari 2022, 16:00 WIB

INDOZONE.ID - Masyarakat di Indonesia sudah terbiasa hidup di bawah bayang-bayang mitos yang berkembang luas. Salah satu mitos yang sering kita dengar adalah membuka payung di dalam rumah bisa membuat seseorang tertimpa malapetaka alias sial. Benarkah demikian?

Peringatan untuk tidak membuka payung di dalam rumah atau ruangan tidak hanya ada di Indonesia, tetapi juga ada di luar negeri.

Meski hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah untuk membuktikan seseorang akan bernasib sial jika membuka payung di dalam rumah, namun tak sedikit masyarakat yang masih mempercayainya dan sengaja menjauhi mitos tersebut agar tidak mengalami nasib buruk.

Sudah ada sejak zaman Mesir kuno

Peringatan untuk tidak membuka payung di dalam rumah atau ruangan ternyata sudah ada sejak zaman Mesir kuno. Pada zaman itu, masyarakat mempercayai bahwa membuka payung di dalam rumah akan mendatangkan masalah.

Seperti diketahui, salah satu fungsi payung adalah untuk melindungi seseorang dari panasnya sinar Matahari. Di zaman Mesir kuno, jika seseorang membuka payung di dalam rumah, maka sama saja menjauhkan seseorang tersebut dari Matahari.

Masyarakat Mesir kuno menganggap perbuatan untuk tidak sopan karena akan membuat Dewa Matahari marah. Nantinya, kemarahan Dewa Matahari akan berdampak pada penghuni rumah tempat di mana payung dibuka.

Berawal dari situ, muncul peringatan untuk tidak membuka payung di dalam rumah atau ruangan dan terus berkembang menjadi mitos yang belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Alasan lain yang lebih diterima nalar

Selain dipengaruhi zaman Mesir kuno, ada alasan lain yang lebih diterima nalar terkait larangan membuka payung di dalam rumah atau ruangan.

Seperti diketahui, sebuah payung terbuat dari jeruji logam keras dan pemicu pegas. Nah, saat payung dibuka di dalam rumah, maka sangat berbahaya bagi orang atau benda di dekatnya.

Oleh karena itu, muncul peringatan untuk tidak boleh membuka payung di dalam ruangan karena bisa menimbulkan bahaya. Namun, peringatan ini terus berkembang menjadi mitos yang dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Nanda
M Fadli

M Fadli

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US