The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Meski Beracun, Ikan Buntal Bisa Dikonsumsi oleh Manusia menjadi Hidangan Lezat
Ikan Buntal. (Pexels)
Fakta Dan Mitos

Meski Beracun, Ikan Buntal Bisa Dikonsumsi oleh Manusia menjadi Hidangan Lezat

Berbahaya.

Selasa, 19 Oktober 2021 18:02 WIB 19 Oktober 2021, 18:02 WIB

INDOZONE.ID - Ikan buntal atau Tetraodontidae adalah salah satu spesies ikan yang hidup di air laut. Disebut ikan buntal lantaran dirinya mampu mengubah bentuk tubuh menjadi besar tiga kali lipat dari kondisi semula.

Sesuai namanya, tubuh ikan buntal memiliki racun dari jenis tetrodotoxin yang terdapat di dalam tubuhnya. Dengan racun tersebut, membuat ikan buntal menjadi ikan yang paling beracun di dunia.

Baca Juga: Detik-detik Ikan Buntal yang Menggembungkan Diri Saat Dipegang, Netizen: Mirip Mrs.Puff

Ahli menyebutkan, zat tetrodotoxin ini sangat berbahaya bagi ikan lain maupun manusia. Bahkan racun tersebut 1.200 kali lebih berbahaya daripada racun sianida.

Ikan buntal bisa dimakan
Ikan buntal menggembung. (Pixabay)

Racun yang terdapat di tubuh ikan buntal ini merupakan perlindungan diri agar selamat dari ancaman predator. Apalagi ikan buntal tidak mempunyai keahlian berenang cepat sehingga tidak bisa menghindari predator dengan cepat.

Ikan buntal biasanya hidup di perairan laut bagian tropis dan subtropis yang terdiri dari berbagai macam spesies sampai 120 jenis spesiesnya di seluruh dunia.

Jika biasanya kamu hanya melihat ikan buntal berukuran kecil, jangan salah karena ikan buntal bisa tumbuh sampai 2 meter. Tubuh nya mampu memanjang tapi kepalanya tetap berbentuk bulat.

Meski beracun, faktanya ikan buntal bisa dikonsumsi oleh manusia. Namun, tentunya memasak ikan buntal perlu keahlian khusus untuk mencegah keracunan pada tubuh.

Bahkan sajian ikan buntal ini bisa diharga mahal karena kelezatannya dan proses memasak yang cukup rumit.

TAG
M Fadli
Abdul Fattah
M Fadli

M Fadli

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US