The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berikut Penjelasan dan Fakta Baby Blues yang Harus Kamu Tahu!
Ilustrasi ibu hamil. (photo/Ilustrasi/Pexels/freestocks.org)
Fakta Dan Mitos

Berikut Penjelasan dan Fakta Baby Blues yang Harus Kamu Tahu!

Selasa, 02 Februari 2021 12:56 WIB 02 Februari 2021, 12:56 WIB

INDOZONE.ID - Baby blues adalah sebuah gejala yang sering dirasakan oleh seorang ibu seperti naik turunnya emosi sewaktu pasca persalinan.

Gejala dari baby blues sendiri adalah kondisi dimana seorang ibu akan merasakan kesedihan dan menangis yang disebabkan tanpa alasan, tidak sabar, mudah marah, merasa gelisah, kelelahan, perubahan suasana hati, serta insomnia. Biasanya baby blues ini dapat dirasakan empat atau lima hari setelah persalinan. 

Penyebab dari gejala ini belum diketahui secara pasti, tetapi gejala ini sering sekali dikaitkan dengan perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dan kembali setelah melakukan persalinan. 

Perubahan hormon tersebut dapat menghasilkan perubahan kimia dalam otak dan dapat membuat depresi. Selain itu, terjadi banyaknya penyesuaian yang akan terjadi setelah persalinan seperti gangguan saat tidur, gangguan rutinitas, dan emosi yang disebabkan dari pengalaman persalinan. 

Gejala ini akan terjadi dalam kurun waktu beberapa menit hingga beberapa jam setiap harinya. Dikabarkan, gejala ini dapat berkurang dan hilang dalam kurun waktu selama 14 hari.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US