The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Peristiwa 12 April: Meletusnya Perang Saudara di AS antara Pasukan Union dan Konfederasi
Ilustrasi terkait Perang Saudara di Amerika Serikat 1861 - 1865. (Wikipedia).
Fakta Dan Mitos

Peristiwa 12 April: Meletusnya Perang Saudara di AS antara Pasukan Union dan Konfederasi

Dan beberapa peristiwa lainnya.

Senin, 12 April 2021 14:25 WIB 12 April 2021, 14:25 WIB

INDOZONE.ID - Berbagai peristiwa penting pernah terjadi di tanggal 12 April yang jatuh hari ini. Kali ini Indozone mencoba mengumpulkan empat contoh peristiwa sejarah yang kebetulan pernah terjadi pada tanggal tersebut.

Salah satu contohnya adalah peristiwa meletusnya pertama kali Perang Saudara di Amerika Serikat dan penerbangan ke luar angkasa oleh Yuri Gagarin dari Rusia. Berikut beberapa peristiwa bersejarah yang dilansir dari Wikipedia, Senin (12/4/2021).

1. Perang Saudara Amerika dimulai (1861).

Ilustrasi terkait Perang Saudara di Amerika Serikat 1861 - 1865. (Wikipedia).
Ilustrasi terkait Perang Saudara di Amerika Serikat 1861 - 1865. (Wikipedia).

Perang Saudara Amerika adalah sebuah perang saudara di Amerika Serikat antara negara bagian di Utara (yang pro persatuan, disebut Union) dengan negara bagian di Selatan (yang mengumumkan pemisahan dari Amerika Serikat dan membentuk Konfederasi Amerika atau dikenal sebagai kubu "Konfederasi"). Dipimpin oleh Jefferson Davis, pihak Konfederasi memperjuangkan kemerdekaannya dari Amerika Serikat.

Pemisahan ini terjadi setelah terjadi perseturuan berkepanjangan mengenai status Perbudakan di Amerika Serikat dimana dua puluh negara bagian AS di (kebanyakan di Utara) mendukung anti perbudakan, sementara negara bagian AS di Selatan kebanyakan negara pro perbudakan sehingga perang juga bisa disebut Utara melawan Selatan. Perang saudara atau Civil War ini meletus mulai 12 April 1861.

Selama era perang berlangsung, Uni yang memiliki keunggulan di basis populasi dan industri yang lebih besar ketimbang kubu Konfederasi mampu menginvasi berulang kali ke wilayah Konfederasi sehingga selama empat tahun perang berdarah ini, area pertempuran kebanyakan terjadi di wilayah Konfederasi.

2. Yuri Gagarin dari Rusia jadi manusia pertama yang pergi ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1 (1961).

Yuri Gagarin.
Yuri Gagarin. (Wikipedia).

Yuri Alekseyevich Gagarin adalah seorang kosmonot berkebangsaan Uni Soviet. Pada tanggal 12 April 1961, Gagarin merupakan manusia pertama yang terbang selama 108 menit ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1. 

Vostok 1 adalah adalah misi luar angkasa berawak pertama dalam program Vostok dan misi luar angkasa berawak manusia pertama dalam sejarah. Pesawat luar angkasa Vostok 3KA diluncurkan pada tanggal 12 April 1961. Misi ini menandai pertama kalinya manusia terbang ke luar angkasa, serta penerbangan orbital pertama dari wahana antariksa berawak.

Yuri menerima banyak penghargaan dan medali kehormatan, termasuk medali "Hero of the Soviet Union". Yuri Gagarin kemudian menjadi Deputi Direktur Pelatihan di Pusat Pelatihan Kosmonaut di luar kota Moskow. Untuk menghormati jasanya, tempat pelatihan ini kemudian dinamakan dengan namanya.

Baca Juga: Tak Usah Percaya Lagi, 4 Hal Tentang Telur Ini Cuma Mitos

3. Vaksin polio yang dikembangkan oleh Dr. Jonas Salk dinyatakan aman dan efektif (1955).

Vaksin polio yang dikembangkan oleh Dr. Jonas Salk
Vaksin polio yang dikembangkan oleh Dr. Jonas Salk. (Wikipedia).

Vaksin polio adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah poliomyelitis (polio).  Dua jenis yang digunakan: poliovirus inaktif yang diberikan melalui suntikan (IPV) dan poliovirus yang dilemahkan diberikan melalui mulut (OPV). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan semua anak untuk divaksinasi penuh terhadap polio.  

Kedua vaksin tersebut telah menghilangkan polio dari sebagian besar dunia, dan mengurangi jumlah kasus yang dilaporkan setiap tahun dari sekitar 350.000 pada tahun 1988 menjadi 33 pada tahun 2018. 

Pada April 1955, segera setelah vaksinasi polio massal dimulai di AS, Surgeon General mulai menerima laporan pasien yang terjangkit polio paralitik sekitar seminggu setelah divaksinasi dengan vaksin polio Salk dari perusahaan farmasi Cutter, dengan kelumpuhan terbatas pada anggota tubuh. vaksin disuntikkan ke

4. Perjalanan Kereta api Argo Jati tujuan Cirebon - Jakarta Gambir diresmikan. (2007).

Ilustrasi Argo Jati.
Ilustrasi Argo Jati. (Wikipedia).

Kereta api Argo Cheribon merupakan layanan kereta api penumpang kelas luxury, eksekutif, dan ekonomi plus yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk menghubungkan Pemalang, Tegal, dan Cirebon dengan Jakarta.

Sebelum kereta api Argo Jati diluncurkan pada 12 April 2007, terdapat tiga layanan kereta api yang beroperasi untuk menghubungkan Jakarta dan Cirebon, yaitu kereta api Ekspres Gunung Jati (1973–1993), Cirebon Ekspres (1989-2019) dan Cirebon Ekspres Utama (2005–2007). Peluncuran kereta api Argo di lintas ini direncanakan karena adanya permintaan pelanggan serta menurunnya peminat terhadap layanan kereta api Cirebon Ekspres Utama.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
M Fadli

M Fadli

Writer
JOIN US
JOIN US