The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Penelitian Berhasil Temukan Mutiara Abu Dhabi yang Berusia Sekitar 8.000 Tahun
Abu Dhabi Pearl atau Mutiara Abu Dhabi. (photo/Dok. BBC)
Fakta Dan Mitos

Penelitian Berhasil Temukan Mutiara Abu Dhabi yang Berusia Sekitar 8.000 Tahun

Minggu, 24 Januari 2021 14:42 WIB 24 Januari 2021, 14:42 WIB

INDOZONE.ID - Para akeolog dikabarkan telah berhasil menemukan batu mutiara alami tertua di dunia. Mereka pun menemukannya pada daerah Pula Marawah, dimana yang berada pada lepas pantai Abu Dhabi. Batu mutiara tersebut pun diberi nama sebagai Abu Dhabi Pearl atau Mutiara Abu Dhabi. 

Setelah melakukan penlitian, para akeolog mengklaim bahwa batu ini memiliki usia yang sangatlah panjang yakni usia 8.000 tahun atau dapat diartikan bahwa batu itu berasal dari zaman Neolitikum. Corak atau tampilan dari batu mutiara ini adalah berwarna merah muda pudar dan memiliki ukuran sekitar 0,3 sentimeter. 

Penemuan batu mutiara pada situs arkeolog adalah sebagai bukti bahwa perdagangan mutiara sendiri sudah ada pada zaman Neolitikum. Pada situs  Neolitikum tersebut terdiri dari struktur batu yang runtuh dan ditemukan pertama kali pada tahun 1992 silam. Terdapat juga banyak artefak yang ditemukan disana, seperti panah batu, manik-manik maupun keramik.

Menurut sejarah, Abu Dhabi adalah merupakan salah satu pusat mutiara utama di dunia. Mutiara-mutiara ini bisa saja dipakai sebagai perhiasan atau dapat juga diperdagangkan untuk barang-barang dari peradaban lain seperti keramik yang berasal dari Mesopotamia.

Bahkan berabad-abad kemudian, kegiatan menyelam yang bertujuan untuk mencari mutiara masih populer untuk dilakukan dan dapat digunakan sebagai pendorong peranan penting ekonomi di daerah Uni Emirate hingga tahun 1930-an silam. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US