Kemunculan Ikan Oarfish, Dianggap Sebagai Pertanda Gempa
photo/Flickr/Darrellrae
Fakta Dan Mitos

Kemunculan Ikan Oarfish, Dianggap Sebagai Pertanda Gempa

Sabtu, 28 Desember 2019 20:00 WIB 28 Desember 2019, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Ikan Oarfish merupakan ikan laut dalam yang jarang ditemukan berenang di permukaan laut. Oarfish (regalecus glesne) kerap disebut ikan raja herring oleh masyarakat Indonesia. Ikan ini hidup dan tersebar di perairan seluruh dunia kecuali kawasan kutub.

Ikan berbentuk pipih ini berukuran cukup besar yang dapat mencapai 17 meter dengan berat 270 kilogram dengan jumlah ingsang yang sangat banyak sekitar 40-58 pasang.

Jenis ikan ini biasanya hidup di kedalaman maksimal 1.000 meter di bawah permukaan laut. Tak heran kemunculan ikan ini di permukaan laut dianggap sebagai pertanda akan munculnya gempa.

Seperti yang pernah terjadi di Jepang pada tahun 2010, ikan oarfish ditemukan nelayan di sana. Tak lama setelah itu terjadi gempa bermagnitudi 8,8 yang terjadi di Cile. 

Di Filipina ikan ini juga pernah ditemukan sebelum gempa 6,7 SR melanda di tahun 2017. Namun belum ada penjelasan ilmiah yang menghubungkan kemunculan ikan oarfish dengan pertanda gempa

Karena ikan ini dapat muncul kepermukaan saat sakit, sekarat atau terjadi perubahan suhu dan massa jenis air di dasar laut. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Reka
Reka

Reka

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU