The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Baru Tahu, Ternyata Barongsai dan Liong yang Sering Hadir saat Imlek Miliki Perbedaan
Ilustrasi Barongsai. (Pixabay)
Fakta Dan Mitos

Baru Tahu, Ternyata Barongsai dan Liong yang Sering Hadir saat Imlek Miliki Perbedaan

Jumat, 28 Januari 2022 18:49 WIB 28 Januari 2022, 18:49 WIB

INDOZONE.ID - Tahun Baru Imlek sudah di depan mata, biasanya perayaan Imlek akan sangat meriah dengan kehadiran Barongsai yang mengitari rumah-rumah warga. Selain Barongsai, terdapat pula Liong yang kerap menjadikan suasan Imlek terasa istimewa.

Tak hanya warga Tionghoa, atraksi Barongsai dan Liong ini rupanya juga dinikmati oleh banyak kalangan khususnya anak-anak. Bahkan tak jarang anak-anak akan mengikuti kemana rute Barongsai dan Liong yang mengelilingi kawasan sekitar.

Namun, apakah kamu tahu bahwa Barongsai dan Liong itu merupakan dua hal yang berbeda? Jika belum, berikut penjelasannya!

Baca Juga: Selain untuk Memeriahkan, Ini Alasan Mengapa Barongsai Selalu Ada di Momen Imlek

Perbedaan Barongsai dan Liong
Ilustrasi Barongsai. (Pixabay)

Dilansir China Highligth, dari segi bentu Barongsai dan Liong melambangkan dua hewan yang berbeda. Dimana Barongsai melambangkan seekor singa yang menjadi penjaga rumah dan mendatangkan keberuntungan. Singa adalah hewan yang melambangkan kekuatan, ketangkasan, dan keberanian.

Perbedaan Barongsai dan Liong
Atraksi Liong. (Pixabay)

Sedangkan Liong sendiri melambangkan seekor naga yang panjang dan menjadi hewan mitologi kebanggaan masyarakat Tionghoa yang dipercaya sebagai hewan suci dan membantu dalam kebaikan. Naga melambangkan kebijaksanaan, ketenangan, dan umur panjang.

Makna Barongsai dan Liong sendiri dalam perayaan Imlek menjadi simbol untuk mendatangkan keberuntungan dan mengusir roh jahat. Sehingga penampilan Barongsai dan Liong menjadi simbol suci masyarakat Tionghoa yang disertai dengan memanjatkan doa.

TAG
Fahrizal Daulay
Abdul Fattah
JOIN US
JOIN US